Sukses

Hidup di Era Flu Spanyol, Pria 106 Tahun di India Ini Selamat dari COVID-19

Seorang lelaki berusia 100 tahun di Delhi, India selamat dari COVID-19. Menurut informasi, ia pernah menderita penyakit Flu Spanyol, saat itu ia berusia empat tahun.

Liputan6.com, India - Seorang lelaki berusia 100 tahun di Delhi, selamat dari penyakit COVID-19. Menurut informasi, ia pernah menderita penyakit Flu Spanyol, saat itu ia berusia empat tahun.

Dokter mengatakan bahwa ia pulih lebih cepat daripada putranya, yang berusia 70-an, yang dirawat di fasilitas khusus Virus Corona COVID-19. Pasien berusia 106 tahun itu dipulangkan dari Rumah Sakit Khusus Super Rajiv Gandhi (RGSSH) baru-baru ini setelah pulih, di mana istri, putra dan anggota keluarganya yang lain juga pulih setelah tertular infeksi SARS-CoV-2.

“Mungkin, dia adalah kasus pertama yang dilaporkan di Delhi yang juga mengalami pandemi Flu Spanyol tahun 1918 yang juga dan menghancurkan dunia seperti COVID-19," ungkap seorang dokter senior seperti dikutip dari Hindustan Times, Rabu (8/7/2020).

Flu Spanyol adalah pandemi yang melanda dunia 102 tahun yang lalu, dan mempengaruhi hampir sepertiga populasi dunia saat itu.

“Pandemi influenza 1918 adalah pandemi terparah dalam sejarah baru-baru ini. Itu disebabkan oleh virus H1N1 dengan gen berasal dari burung. Meskipun tidak ada kesepakatan dunia mengenai asal mula virus itu, ia menyebar ke seluruh dunia selama 1918-1919, ” menurut Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) di AS.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Flu Spanyol Hancurkan Dunia

Di AS, virus H1N1 pertama kali diidentifikasi dalam personel militer pada musim semi 1918. Diperkirakan sekitar 675.000 kematian terjadi di Amerika, katanya.

Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pandemi tahun 1918-1919 yang disebut Flu Spanyol sangat mematikan, dan menewaskan sekitar 40 juta orang di seluruh dunia. Di India, penyakit ini diyakini dibawa oleh tentara yang baru saja kembali dari konflik Perang Dunia I.

Kasus-kasus pertama Spanyol Flu dilaporkan di daerah-daerah yang merupakan pelabuhan masuk utama, seperti Mumbai (kemudian Bombay), Kolkata (Kalkuta), Delhi dan Chennai (Madras), tempat sejumlah besar orang kembali dari luar negeri.

Jumlah korban di India dari Flu Spanyol diyakini hampir seperlima dari seluruh kematian di dunia, meskipun statistik kematian di India terlalu luas dan dapat diperdebatkan

3 dari 4 halaman

Belum Bisa Pastikan Kebenaran Pasien

Dokter di RGSSH, yang bertugas menangani Virus Corona COVID-19 kagum melihat pemulihan pasien yang berusia seratus tahun ini dari Virus Corona baru, meskipun ia sangat rentan terhadap infeksi.

"Kami tidak tahu apakah ia terkena Flu Spanyol atau tidak. Kami belum melihat banyak dokumen tentang situasi saat itu yang menyangkut Delhi, karena sangat sedikit rumah sakit di sana pada saat itu. Sungguh menakjubkan, pria berusia 106 tahun ini menunjukkan tekad kuat untuk bertahan hidup,” kata seorang dokter senior, yang memantau situasinya.

Tetapi, yang lebih menarik adalah fakta bahwa ia pulih lebih cepat daripada putranya, yang berusia 70-an. Disimpulkan bahwa dia dapat bertahan melalai Flu Spanyol dan sekarang selamat dari Virus Corona COVID-19 yang artinya dia bertahan melalui dua pandemi, katanya.

Selain itu, istrinya dan anggota keluarga lainnya juga terinfeksi Virus Corona COVID-19 telah berhasil pulih dan dipulangkan sekitar satu setengah bulan yang lalu, kata dokter itu.

4 dari 4 halaman

Rajiv Gandhi Super Speciality Hospital

Sejauh ini, RGSSH telah merawat sekitar 1.000 pasien COVID-19, dan pada hari Senin kemarin Wakil Kepala Menteri Delhi Manish Sisodia dan Menteri Kesehatan Satyendar Jain dijadwalkan untuk berpartisipasi.

Delhi mencatat 2.505 kasus virus korona baru pada hari Jumat, menjadikan penghitungan di kota itu menjadi lebih dari 97.000, sementara jumlah kematian meningkat menjadi 3.004, kata pihak berwenang.

Ibu kota negara adalah kota yang paling terpukul di negara ini karena pandemi. Menurut buletin, 68.256 pasien telah pulih, telah dipulangkan atau bermigrasi sejauh ini.

 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.