Sukses

Cek Fakta: Foto Ini Bukan Penampakan Banjir di Singapura

Liputan6.com, Jakarta- Beredar foto yang diklaim sebagai penampakan banjir di Singapura. Foto tersebut diunggah akun twitter @ivansiregar, pada 23 Juni 2020.

Akun twitter @ivansiregar mengunggah foto yang memperlihatkan sejumlah mobil yang diparkir di depan halaman gedung terendam banjir

Pada unggahan foto, Akun twitter @ivansiregar memberikan keterangan sebagai berikut:

"Singapore Banjir"

Foto serupa juga diunggah akun Facebook Endih Herawandih, pada 23 Juni 2020.

Berikut keterangannya:

"SINGAPUR BANJIRAKIBAT TERLALU MASSIF REKLAMASI

INDAHNYA SINGAPURA BANJIR

Pasti Salah Anies

#Singapore_Flood

#Singapura_Banjir"

Benarkah foto tersebut merupakan banjir di Singapura? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto banjir di Singapura menggunakan Google Reverse Image.

Beredar foto yang diklim banjir Singapura

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "广州暴雨致电动车泡水损坏,保险公司称只能报废广州暴雨致电动车泡水损坏,保险公司称只能报废" yang dimuat situs hotbak.net, pada 23 Mei 2020.

Artikel tersebut memuat foto yang identik dengan klaim. Situs tersebut menyebutkan, foto tersebut merupakan penampakan banjir di Guangzhou, setelah hujan lebat, pada 22 Mei 2020. Foto tersebut  dirilis oleh netizen. 

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "广州暴雨致多辆电动车泡水损坏,保险公司:只能进行报废" yang dimuat situs autochat.com.cn, pada 23 Mei 2020. Situs tersebut juga memuat foto yang identik dengan klaim.

Artikel menyebutkan, hujan deras di di Guangzhou membuat kendaraan yang ditenagai listrik rusak akibat terendam banjir.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto tersebut bukan menampilkan banjir di Singapura, namun banjir di Guangzhou setelah hujan lebat yang terjadi, pada 22 Mei 2020.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.