Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kabar Ustazah Mamah Dedeh Meninggal Dunia pada 27 Mei 2020

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang pendakwah Mamah Dedeh meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar ini beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp pada Rabu (27/5/2020).

Berikut isi pesan tersebut:

*Innaa lillaahi Wa Inna Illaihi Roojiuun*..Telah Berpulang Ke Rahmatullah Ustazdah terCinta Panutan Muslim/ah Tanah Air, *MAMAH DEDEH* Pada Hari Selasa *Tanggal 26 Mei 2020 , Pukul 22.28 WIB,* Karena Sakit di EKA HOSPITAL BUMI SERPONG DAMAI TANGERANG BANTEN.

Innalilahi wa Inna Ilaihi Raji'uuun.......MAMA DEDEH USTADZAH KONDANG IDOLANYA UMMAT MUSLIMAT SEDUNIA... telah mendahului kita untuk berjumpa dengan SANG KHOLIQ *ALLAH SWT*In sya Allah *Husnul Khatimah, menjadi penghuni SYURGA FIRDAUS* *Aamiiin Ya Robbal'alamiiin*

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang meninggalnya pendakwa Mamah Dedeh. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "Mamah Dedeh".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar meninggalnya Mamah Dedeh. Satu di antaranya artikel berjudul "Kabar Mamah Dedeh Meninggal Dunia Tidak Benar!" yang dimuat situs detik.com pada (27/5/2020).

Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari Dedeh Rosidah atau yang akrab disapa Mamah Dedeh, pagi ini. Sang pendakwah dikabarkan meninggal dunia.Ternyata kabar tersebut tidaklah benar. Ustaz Yusuf Mansur membantahnya dan sudah mengkonfirmasi kepada Mamah Dedeh langsung.

"Beredar berita pagi ini bahwa Mamah Dedeh meninggal dunia dan cukup meluas kabarnya. Saya sedih, saya kemudian bilang istri nyalain tv kemudian langsung ngebel nomornya Mamah Dedeh. Dan alhamdulillah beliau masih hidup haha. Senangnya ya Allah," ujar Yusuf Mansur kepada detikcom, Rabu (27/5/2020).

Kabar Mamah Dedeh meninggal dunia pertama kali beredar di WAG. Hal itu pun sampai mencuat linimasa Twitter.

Narasi yang disebar pun menjelaskan bahwa Mamah Dedeh meninggal pada Selasa 26 Mei 2020, pukul 22.28 WIB di Eka Hospital BSD, karena sakit.

Ustaz Yusuf Mansur menyebut, keadaan Mamah Dedeh hingga kini baik-baik saja. Ia masih sehat seperti biasanya.

"Kalau memang Mamah Dedeh meninggal, berarti kan kagak bisa jawab. Masa udah dikubur udah bisa ngejawab Mamah Dedeh," tutur Ustaz Yusuf Mansur.

"Alhamdulillah ceria, cerita tentang Wirda dan Umi yang beliau suka lihat di tv. Ya Allah mudah-mudahan bisa kayak Mamah Dedeh dan mungkin bisa lebih hebat lagi. Demikian ya kawan-kawan, Mamah Dedeh masih hidup. Nggak benar berita yang bilang beliau wafat, panjang umur Mamah," tandasnya.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang meninggalnya pendakwah Mamah Dedeh pada Rabu (27/5/2020) ternyata tidak benar. Ustaz Yusuf Mansur menyebut bahwa keadaan Mamah Dedeh sampai saat ini sehat.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.