Sukses

Cek Fakta: Hoaks Vladimir Putin Terjunkan 800 Singa dan Harimau Saat Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kabar bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin menerjunkan singa dan harimau agar warga tetap di rumah saat pandemi corona COVID-19. Kabar ini tersebar lewat gambar di aplikasi percakapan WhatsApp pada Minggu (22/3/2020).

Dalam gambar tersebut, tampak seekor singa tampak berada di persimpangan jalan pada malam hari. Terlihat juga beberapa mobil yang terparkir di pinggir jalan.

Selain itu, terdapat narasi dalam gambar tersebut. Berikut isinya:

Russia:

Containment:

Vladmir Putin has dropped 800 tigers and lions all over the country to push people to stay home.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang Presiden Rusia, Vladimir Putin yang menerjunkan singa dan harimau agar warga tetap di rumah saat pandemi virus corona.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar singa tersebut ke situs pencari Yandex. Liputan6.com menemukan gambar identik di situs vk.com. Gambar tersebut diunggah oleh akun bernama The Classy English pada 13 Juli 2016 silam.

Penelusuran selanjutnya dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci 'Jorissen ST'. Nama jalan tersebut ada di dalam gambar singa yang viral tersebut, tepatnya berada di sisi trotoar.

Hasilnya terdapat satu artikel yang menjelaskan mengenai foto tersebut. Adalah artikel berjudul "Paws at the traffic lights! Giant male lion is seen prowling around the streets of South Africa's biggest city (but it's not as dangerous as you'd think)" yang dimuat situs dailymail.co.uk pada 15 April 2016 silam

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa singa memang berkeliaran itu berada di Kota Johannesburg, Afrika Selatan. Namun, kejadiannya tak semengerikan yang dikira banyak orang.

Singa tersebut bernama Colombus dan berasal dari salah satu kebun binatang di wilayah Afrika Selatan. Columbus sengaja dilepaskan ke jalanan kota untuk keperluan syuting film.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang Presiden Rusia, Vladimir Putin yang menerjunkan 800 singa dan harimau agar warga tetap di rumah saat pandemi virus corona ternyata tidak benar.

Foto singa yang berada di tengah jalan tersebut tidak ada kaitannya dengan pandemi virus corona dan bukan berada di jalanan Rusia.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta: Hoaks Video Viral Kerusuhan di Inggris yang Diklaim Dampak Lockdown COVID-19
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta: Klaim Jakarta Besok Mulai Lockdown dan Warga Luar Dilarang Masuk Bukan Berasal dari Koran Tempo