Sukses

Cek Fakta: Hoaks Bagi-Bagi Hadiah dari Shopee

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Shopee yang membagikan hadian kepada para konsumennya beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan oleh akun Facebook Rahmat Ramadhan pada 1 Februari 2020.

Akun Rahmat Ramadhan mengunggah gambar dari sejumlah orang yang tengah memegang sebuah hadiah. Ia juga menambahkan sebuah narasi yang mengaitkan bahwa Shopee tengah bagi-bagi hadiah.

"S̷h̷o̷p̷e̷ I̷n̷d̷o̷n̷e̷s̷i̷a̷ L̷a̷g̷i̷ B̷a̷g̷i̷ - B̷a̷g̷i̷ H̷a̷d̷i̷a̷h̷ N̷i̷h̷😍N̷o̷ H̷o̷a̷x̷😍

C̷a̷r̷a̷n̷y̷a̷ G̷a̷m̷p̷a̷n̷g̷

- K̷l̷i̷k̷ I̷k̷u̷t̷i̷ d̷i̷ B̷a̷g̷i̷a̷n̷ p̷r̷o̷f̷i̷l̷ s̷a̷y̷a̷ ( W̷a̷j̷i̷b̷ )- K̷o̷m̷e̷n̷ " M̷a̷u̷ "- L̷a̷l̷u̷ B̷a̷g̷i̷k̷a̷n̷ P̷o̷s̷t̷i̷n̷g̷a̷n̷ I̷n̷i̷ K̷e̷ 5̷ G̷r̷u̷p̷

H̷a̷d̷i̷a̷h̷ A̷k̷a̷n̷ D̷i̷ U̷m̷u̷m̷k̷a̷n̷ H̷a̷r̷i̷ k̷a̷m̷i̷s̷A̷y̷o̷ B̷u̷r̷u̷a̷n̷ S̷h̷a̷r̷e̷ D̷a̷n̷ R̷e̷b̷u̷t̷ H̷a̷d̷i̷a̷h̷ N̷y̷a̷😍#y̷a̷n̷g̷ g̷a̷k̷ k̷l̷i̷k̷ i̷k̷u̷t̷i̷ G̷a̷g̷a̷l̷," tulis akun facebook Rahmat Ramadhan.

Konten yang diunggah akun facebook Rahmat Ramadhan telah 607 kali dibagikan dan mendapat 144 komentar warganet.

 

2 dari 3 halaman

Penelusuran Fakta

Setelah ditelusuri, kabar tentang shopee yang tengah menggelar bagi-bagi hadiah lewat akun facebook Rahmat Ramadhan ternyata tidak benar.

Informasi ini dibantah oleh Public Relations Lead Shopee Indonesia, Aditya Maulana. Ia menyebut bahwa informasi bagi-bagi hadiah dari yang bukan akun resmi Shopee adalah hoaks.

"Terkait transaksi ataupun diskon atau giveaway yang resmi dari Shopee hanya berlaku di aplikasi dan akun-akun resmi Shopee lainnya," kata Aditya Maulana saat dihubungi Liputan6.com, Senin (3/2/2020).

Aditya menambahkan, pihaknya terus memantau isu-isu yang bisa merugikan para pengguna Shopee, termasuk penipuan bagi-bagi hadiah.

"Kami memiliki Tim Fraud yang terintegrasi beroperasi selama 24 jam 7 hari seminggu yang bisa menyelesaikan 95% dari kasus yang diterima dalam satu hari. Shopee pun bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menindak tegas penipuan yang mengatasnamakan entitas kami. Terkait transaksi ataupun diskon/giveaway yang resmi dari Shopee hanya berlaku di aplikasi dan akun-akun resmi Shopee lainnya," tambah Aditya.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Shopee tidak pernah memberikan bagi-bagi hadiah melalui akun facebook Rahmat Ramadhan.

Informasi ini sudah diluruskan oleh pihak Shopee. Sementara informasi yang disebarkan oleh akun facebook Rahmat Ramadhan tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta: Hoaks Foto Luka di Selangkangan karena Azab Menghina Alquran
Artikel Selanjutnya
Shopee Sponsori Liga 1 Lagi, Pandu Sjahrir Dukung Sepak Bola Indonesia Semakin Sehat