Sukses

Cek Fakta: Klaim Anies Hadiri Acara Baksos di Tanah Merah untuk Pencitraan, Faktanya?

Liputan6.com, Jakarta - Akun Instagram @indonesiavoice_ mengunggah sebuah foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Minggu, 19 Januari 2020.

"Numpang keramaian 😂😅 #indonesiavoice_" tulis akun itu menyertai unggahan foto.

Dalam foto, terlihat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang memegang pipi anak kecil yang digendong oleh orangtuanya. Namun, foto tersebut sudah diubah terlebih dahulu dengan menambahkan tulisan di dalamnya.

Dijelaskan, Anies yang tidak diundang dalam acara bakti sosial atau baksos di kawasan Tanah Merah, Kelapa Gading, Jakarta Utara secara tiba-tiba hadir hingga disebut sebagai pencitraan saja.[Cek Fakta] Anies Hadiri Acara Baksos di Tanah Merah Untuk Pencitraan, Benar

"Gubernur Anies tukang serobot acara orang!

Kami baksos di tanah merah kelapa gading, hari sabtu. Membagikan 17.800 telur untuk 1.100 keluarga kurang mampu. Rupanya acara ini diketahui Anies yang rencananya berkunjung hari minggu tapi dimajukan bertepatan dengan baksos kami. Kami bengong ketika mau mulai baksos, diberitahukan bahwa Anies akan hadir padahal tidak diundang. Rupanya ini dimanfaatkan untuk pencitraannya."

Selain itu, di atas kepala Anies dituliskan "Emang Gue Pikirin..."

Hingga saat ini, unggahan foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah mendapatkan 6.482 tanda suka dari pengguna Instagram lainnya.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran kabar tersebut yang diunggah akun Instagram @indonesiavoice_.

Namun ternyata, kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam acara tersebut memang mendapatkan undangan dari warga Tanah Merah.

Hal ini seperti diungkap oleh akun Twitter milik organisasi Forum Komunikasi Tanah Merah Bersatu (Hidup Bersama Rakyat, Belajar Bersama Rakyat, Berjuang Bersama Rakyat) atau FKTMB @fktmb pada Minggu, 19 Januari 2020.

[Cek Fakta] Anies Hadiri Acara Baksos di Tanah Merah Untuk Pencitraan, Benarkah? 

"Kami atas Nama panitia mengklarifikasi bahwa kehadiran Gubernur @aniesbaswedan hadir karena Undangan Warga Tanah Merah dan panitia Jadi tidak benar kalau pak Gubernur memanfaatkan acara baksos yg digoreng kader PSI @kurawa," tulis @fktmb.

Selain itu, akun Facebook Jabar Saber Hoaks juga menjelaskan kalau apa yang disebarkan soal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait kehadirannya di Tanah Merah.

[Cek Fakta] Anies Hadiri Acara Baksos di Tanah Merah Untuk Pencitraan, Benarkah?

 

"ANIES BASWEDAN NUMPANG ACARA BAKSOS LSM ORANG.

[DISINFORMASI]

Berdasarkan aduan yang masuk ke Jabar Saber Hoaks. Beredar sebuah narasi di media sosial bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri sebuah acara bakti sosial (baksos) di Tanah Merah, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Sabtu 18 Januari 2020. Namun kehadiran Anies ke lokasi diklaim tanpa undangan resmi dari panitia.

[PENJELASAN]

Faktanya, warga Tanah Merah membantah informasi yang beredar di media sosial tersebut. Mereka menegaskan mengundang secara resmi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ke kampung mereka dalam rangka peringatan HUT peresmian RT/RW Kampung Tanah Merah ke-7. Akun twitter Organisasi Forum Komunikasi Tanah Merah Bersatu (FKTMB), @fktmb mengakui bahwa semula mereka berharap Anies datang pada Minggu 19 Januari 2020. Namun Anies berhalangan pada Minggu dan bersedia hadir lebih cepat satu hari, yakni Sabtu 18 Januari 2020. Dalam narasi tersebut dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok yang dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

[SUMBER KLARIFIKASI]http://bit.ly/37lJj9Thttp://bit.ly/2TLWD3khttp://bit.ly/2RKroTxhttp://bit.ly/2GiGg6g

#jabarsaberhoaks #diskominfojabar #jabarprovgoid #jabardigitalservice #jabarhantamhoaks #jabarjuara #jabarjuaralahirbatin #aniesbaswedan #baksos" tulis Jabar Saber Hoaks pada Jumat, 24 Januari 2020.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Apa yang dituliskan oleh akun Instagram @indonesiavoice_ adalah salah atau tidak benar. Hal itu lantaran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memang datang ke kawasan Tanah Merah, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Namun, kehadiran Anies di kampung tersebut untuk memenuhi undangan warga, bukan tanpa undangan sama sekali.

 Data: Eka M

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta: Hoaks Foto Luka di Selangkangan karena Azab Menghina Alquran
Artikel Selanjutnya
Anies Baswedan: Banjir Jakarta Akibat Hujan Lokal Bukan Kiriman