Sukses

[Cek Fakta] TV Luar Negeri Sudah Memberitakan 'Prabowo Subianto The Next President'?

Liputan6.com, Jakarta - Akun facebook Edi Ar Rayah mengunggah sebuah video dari Bloomberg, perusahaan media massa multinasional di Amerika Serikat.

"TV Luar Negeri Sudah Memberitakan Prabowo Subianto The next Presiden," demikian narasi yang ditambahkan dalam postingan di Facebook.

Sejak diunggah pada 14 April 2019, postingan tersebut telah dilihat sebanyak 434.481 kali dan menjaring setidaknya 1.100 komentar.

Salah satunya dari pemilik akun Facebook bernama Mulyadi. "Di luar negri prabo di nyatakan sudah menang. Mari saudaraku yg sependapat atau yg punya ke ahlian. Mari kita usut tuntas lembaga survei ini. Terlalu banyak kecurangan disana sini," kata dia.

Sementara, pemilik akun امي نجو menulis, "Amazing...! A prediction that is in line with reality, support for Prabowo Subianto's victory has been widely recognized by foreign analysts as in the following interview with analysts at Bloomberg TV.#IndonesiaMenang #Pilpres2019"

 

Benarkah televisi asing mengabarkan tentang kemenangan Prabowo?

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Video yang diunggah akun Edi Ar Rayah berasal dari Bloomberg, yang mengabarkan bahwa Prabowo Subianto akan berkontestasi dalam Pilpres 2019 melawan Joko Widodo atau Jokowi.

"Feb.27 -- Bloomberg's Rosalind Mathieson reports on the upcoming 2019 Indonesian election. She speaks on "Bloomberg Markets," demikian narasi yang menyertai video berjudul Subianto May Enter Indonesian Race di laman Youtube Bloomberg Politics.

Video tersebut diunggah pada 27 Februari 2019, jauh sebelum penyelenggaraan Pilpres dan Pemilu 2019 pada 17 April 2019.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Benar bahwa video yang diunggah akun facebook  Edi Ar Rayah berasal dari media asing, dalam hal ini Bloomberg. Namun narasi sama sekali tak sesuai dengan isi video. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Benarkah Air Perasan Lemon Bisa Sembuhkan Kanker?
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Hoaks Kabar Grace Natalie Ajak Pesta Makan Babi Usai Pilpres