Sukses

[Cek Fakta] Foto Acungan Satu Jari Ustaz Abdul Somad Bukan Dukungan untuk Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Acungan satu dan dua jari jadi hal sensitif jelang Pilpres 2019. Simbol satu jari dianggap dukungan bagi pasangan nomor 01, Jokowi-Ma'ruf Amin. Sebaliknya, dua jari kini dianggap condong ke kubu pasangan nomor 2, Prabowo-Sandiaga.

Belakangan, foto-foto sejumlah pesohor, yang mengacungkan satu atau dua jari viral di media sosial. Salah satunya Ustaz Abdul Somad (UAS).

Misalnya yang diunggah akun Facebook Siti Aisah. Dalam foto tersebut, UAS tertangkap kamera sedang duduk di tengah, diapit dua pria. Ketiganya mengacungkan satu jari.

"Nah lo makin panik sekarang ustadz abdul somad telah kembali kejalur /kejalan yg benar. Ikuti uas biar negara selamat. Pilih jokowi presiden yg di dukung ulama. 02 mulai panik," demikian narasi yang diunggah akun tersebut.

Unggahan yang dimuat pada Sabtu 9 Februari 2019 itu sejauh ini telah dibagikan sebanyak 355 kali.

Narasi senada juga diunggah pemilik akun Facebook Abdul Qodir Jaelani pada 9 Februari 2019, yang dikomentari 364 kali dan dibagikan 304 kali. 

2 dari 3 halaman

Pembuktian

Tim Cek Fakta Liputan6.com mengecek asal-usul foto tersebut melalui Google Reverse Image. Ternyata, gambar tersebut tidak ada kaitannya dengan Pilpres 2019. 

Foto tersebut diunggah akun Twitter @Umar_Hasibuan_. "Saya, Ustad Abdul Somad Batubara dan @musarajekshah Cawagub Sumut. Semoga Polisi, BIN dan TNI Netral di Pilgub Sumut 27 Juni nanti," demikian narasi yang dimuat dalam unggahan tersebut.

 

Pada 9 Februari 2019, Umar Hasibuan juga mengunggah klarifikasi terkait foto yang beredar di akun Twitternya, @Umar_Hasibuan_

"Saya perlu klarifikasi foto ini. Foto ustad somad dan wagub sumut bang Ijek ini ktk kunjungan kepesantren saya. Wkt itu kampanye Pilkada Sumut dan Wagub Sumut No 1 kami foto dgn 1 jari. Jd foto ini gak ada kaitan dgn Dukung Jokowi. Tolonb jgn fitnah Ustad Somad dan Wagubsu," kata dia.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Acungan satu jari Ustaz Abdul Somad tidak terkait dengan Pilpres 2019. Foto yang viral diambil pada Juni 2018 terkait dengan Pilkada Sumut, demikian menurut Umar Hasibuan, dalam akun Twitternya, @Umar_Hasibuan_

Foto tersebut diambil sebelum nomor urut pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga yang ditetapkan KPU pada 21 September 2018. 

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 61 media massa dan organisasi lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan lebih dari 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Penyelamatan Anak Gajah yang Jatuh ke Sumur

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Benarkah Grab Kini Dikuasai Gibran Rakabuming?
Artikel Selanjutnya
Beredar Kabar Grab Dikuasai Gibran Rakabuming, Ini Faktanya!