Sukses

[Cek Fakta] Ancol Berlakukan Tiket Masuk Gratis Mulai 14 Oktober?

Beredar informasi bahwa Ancol menggratiskan tiket masuknya mulai 14 Oktober hingga 6 bulan mendatang, namun jangan senang dulu, simak fakta di balik informasi tersebut di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Taman Impian Jaya Ancol merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya. Daya tarik Ancol terletak pada kelengkapan tempat wisatanya.

Pengunjung Ancol dapat mencoba berbagai macam aktivitas, dari berenang di pantai hingga menikmati wahana yang memacu adrenalin.

Ancol juga tak jarang memberikan promo-promo menarik seperti diskon harga tiket masuk, bahkan Ancol sempat menggratiskan tiket masuknya bagi warga Jakarta dalam rangka perayaan HUT dan Pilkada DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Klaim

Di media sosial Facebook, beredar informasi tentang promo gratis masuk Ancol mulai tanggal 14 Oktober. Promo itu disebut akan berlangsung selama 6 bulan ke depan. Informasi tersebut beredar bersama tautan video yang berjudul "Masuk Ancol Gratis Mulai Tanggal 14 Oktober Selama 6 Bulan".

Para warganet gembira dan antusias menyambut kabar tersebut, mereka pun mengajak teman-temannya dengan menandainya di media sosial, walaupun tak sedikit yang mempertanyakan keabsahan promo tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Video Tahun 2017

Faktanya, setelah tautan video itu diklik, terungkap bahwa video itu diunggah pada tahun 5 Oktober 2017 lalu. Video itu memberitakan rencana yang diusulkan Djarot Saiful Hidayat sebagai Gubernur DKI Jakarta saat itu untuk menggratiskan tiket masuk Ancol per 14 Oktober 2017.

Seperti diketahui, untuk dapat bermain di Pantai Ancol, masyarakat harus membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orang. Harga tersebut dianggap Djarot masih cukup mahal bagi warga tidak mampu, dan itulah yang ingin diubah oleh Djarot. Ia ingin Ancol dapat diakses oleh setiap kalangan.

Sayangnya, harapan warga menikmati pantai gratis di kawasan wisata Ancol belum bisa terwujud. Manajemen PT Pembangunan Jaya Ancol sebagai pengelola menolak permintaan Djarot.

"Dapat dipastikan bahwa gratis masuk Ancol pada 14 Oktober tidak dilaksanakan," kata Rika Lestari selaku Corporate Comunication Taman Impian Jaya Ancol lewat pesan singkat, Jakarta Utara, Jumat (13/10/2017).

Rika melanjutkan, diperlukan waktu panjang untuk mengkaji seluruh aspek yang terdampak terkait masuk gratis, khususnya dari aspek keuangan.

Video Kembali Mencuat

Siapa sangka, video yang memberitakan rencana Djarot tahun lalu ini kembali beredar tahun ini. Sebagian masyarakat yang tak teliti melihat tanggal pengunggahan video pun tertipu akan kabar ini, menganggap Ancol benar-benar digratiskan mulai tanggal 14 Oktober 2018.

Menanggapi hal ini, Rika Lestari menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar, seperti dikutip dari Rmol, Kamis (18/10/2018).

"Jelas hoax," tegasnya ketika dihubungi Rmol, Rabu (17/10/2018).

Rika enggan berkomentar lebih lanjut saat ditanya adanya langkah hukum dari pihak Ancol terhadap kabar hoaks tersebut.

Halaman Facebook resmi Taman Impian Jaya Ancol juga membagikan klarifikasi terkait informasi ini di media sosialnya. Ancol menganjurkan masyarakat untuk hanya memperoleh informasi resmi dan benar di akun resmi Taman Impian Jaya Ancol.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Informasi penggratisan tiket masuk Ancol mulai 14 Oktober 2018 adalah tidak benar alias hoaks. Video yang tersebar saat ini merupakan video tahun lalu, saat Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat hendak mengujicoba penggratisan masuk Ancol.

Rencana Djarot sayangnya tidak dapat terselenggara karena tidak disetujui oleh pihak pengelola Ancol. Taman Impian Jaya Ancol  melalui media sosial resminya pun telah membantah adanya penggratisan tiket masuk Ancol.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.