Sukses

Keren! Pensiun dari Sepakbola, Muamba Jadi Reporter

Fabrice Muamba mengunjungi pusat latihan Chelsea sebagai reporter. Mantan gelandang Bolton ini pensiun setelah kesehatan jantungnya pulih.

Masih ingat Fabrice Muamba? Nama pemain  bernama lengkap Fabrice Ndala Muamba itu, dua tahun lalu sempat menjadi sorotan. Muamba tiba-tiba ambruk di tengah lapangan sepakbola ketika membela klubnya Bolton Wonderers saat menghadapi Tottenham Hotspur di ajang Piala FA, Maret 2012 silam.

Menurut dokter, pria kelahiran Kinshasa, Zaire, Afrika 6 April 1988 itu mengalami gagal jantung. Organ vital Muamba sempat terhenti sejenak. Beruntung, pertolongan medis segera dilakukan sehingga pemain yang pernah memperkuat Arsenal itu tertolong.

Muamba kembali menjadi perhatian setelah tiba-tiba muncul di pusat latihan Chelsea di kawasan Cobham. Namun, dia datang bukan untuk bermain sepakbola, tapi mewawancarai salah seorang pemain The Blues.

Rupanya, setelah pensiun akibat kondisi kesehatannya itu, Muamba beralih profesi jadi reporter. Dia hendak mewawancarai mantan rekan setimnya, Ryan Bertrand untuk sebuah acara yang ia pandu bersama komedian kelahiran Kongo, Eddie Kadi.

"Saya bekerja untuk acara televisi yang ditayangkan di Afrika, dimana saya harus mewawancarai para pemain. Sekarang saya berada di sisi lain sepakbola sebagai seorang jurnalis! Ini cukup keren," kata Muamba, seperti dilansir situs resmi Chelsea, Rabu (6/11/2013).

"Ryan adalah teman saya. Kami bermain bersama beberapa kali di level junior termasuk untuk Inggris U-21. Saya berbicara dengan Ryan mengenai beberapa hal, seperti debutnya di Liga Champions yang sulit dipercaya, di final, dan bagaimana kariernya saat ini," imbuhnya.

Usai mewawancara Bertrand, Muamba sempat bertemu Gary Cahill. Keduanya berpelukan dan sempat berbicara panjang lebar.  

Cahill pernah bermain bersama Muamba di Bolton sebelum ia pindah ke Chelsea. Sehari setelah Muamba mengalami serangan jantung yang membahayakan nyawanya, Cahill mencetak gol saat melawan Leicester di Piala FA. Saat melakukan selebrasi Cahill mengangkat jerseynya untuk memperlihatkan sebuah pesan yang ditujukan buat mantan rekan setimnya tersebut.(Ian/Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.