Sukses

Ronaldo Gagalkan Kemenangan Belanda

Gol Cristiano Ronaldo di menit ke-87 menggagalkan kemenangan Belanda atas Portugal dalam 22 tahun terakhir.

Belanda belum mampu menang atas Portugal dalam 22 tahun terakhir. Dalam laga persahabatan yang berlangsung di Estadio Algarve, Faro, Kamis (15/8/13) dinihari WIB, Belanda yang sempat unggul 1-0 di babak pertama harus puas bermain imbang 1-1. Dalam 11 pertemuan, Belanda baru sekali menang dan itu terjadi pada 1991.

Menghadapi Portugal, Pelatih Belanda Louis van Gaal memainkan pemain muda dengan senior, seperti Paul Verhaegh. Bermain impresif sejak awal laga, serangan Belanda membuahkan hasil di menit ke-17. Tekanan yang dilakukan Jeremain Lens dan Verhaegh membuat Kevin Strootman melepaskan sepakan keras kaki kiri. Bola masuk di tiang dekat kanan gawang tanpa bisa dihalau kiper Beto.

Unggul 1-0, Belanda terus tampil menekan. Portugal baru bisa keluar menyerang di 15 menit terakhir babak pertama setelah full-back Fabio Coentrao dan Joao Pereira diinstruksikan untuk membantu serangan. Verhaegh dan Daley Blind pun harus jatuh bangun menghadang serangan sayap tuan rumah. Namun, skor 1-0 tidak berubah hingga turun minum.

Di babak kedua, baik Belanda maupun Portugal mengganti sejumlah pemainnya. Van Gaal menarik keluar Verhaegh untuk memasukkan Ricardo van Rhijn, sementara Rafael van der Vaart bertukar tempat dengan Marco van Ginkel. Klaas-Jan Huntelaar masuk menggantikan kapten Robin van Persie.

Sementara Portugal lebih banyak membenahi lini depan. Pizzi dan Nelson Oliveira dimainkan untuk memberikan kesegaran setelah Paulo Machado lebih dahulu dimasukkan supaya lini tengah lebih seimbang. Ronaldo tetap menjadi sentral permainan tim dengan bebas mengambil posisi di setiap jengkal lapangan.

Peluang bertubi-tubi didapat tuan rumah, terutama lewat aksi cemerlang Joao Pereira di sayap kanan. Sementara Arjen Robben mulai melupakan tugas membantu pertahanan dan saat menyerang lebih banyak melepas penguasaan bola ketimbang menciptakan peluang. Praktis gawang Portugal tak lagi terancam sepanjang sisa pertandingan.

Di menit 87, Portugal akhirnya bisa menyamakan kedudukan. Berawal dari sepak pojok, sontekan ringan Pepe jatuh di depan gawang Michel Vorm. Ronaldo yang tak terkawal dengan jitu menyepak bola ke dalam gawang. Skor 1-1 bertahan hingga pertandingan usai.(GL)

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/13lS9Bw">Pacar Ronaldo Dicium Pria Tua Pebisnis Berlian</a>
* <a href="http://bit.ly/14A1UWR">Ternyata Messi Pernah Hampir Tinggalkan Barca</a>
* <a href="http://bit.ly/14A2gwA">Suarez Bantah Laporan Surat Kabar Uruguay</a>
* <a href="http://bit.ly/19unWDi">Menanti Kiprah Tiga Manajer Baru Liga Inggris</a>
* &lt;a href="http://bit.ly/1a6ESiB"&gt;Lima Calon Top Scorer Liga Premier&lt;/a&gt;

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini