Sukses

Hulk Bawa Zenit Melaju ke Play-off

Tanpa kesulitan Zenit St Petersburg melaju ke babak play-off Liga Champions menyusul kemenangan besar 5-0 dari tamunya FC Nordsjaelland.

Klub elite Liga Premier Rusia, Zenit St Petersburg melaju ke babak play-off Liga Champions musim 2013-2014. Di leg kedua putaran ketiga kualifikasi yang berlangsung di Petrovsky Stadium, Rabu, 7 Agustus 2013, malam waktu setempat atau Kamis (8/8/13) dinihari WIB, Zenit tanpa ampun menghajar tamunya, wakil Denmark, FC Nordsjaelland lima gol tanpa balas. Dengan demikian, Zenit unggul agregat 6-0 menyusul kemenangan 1-0 di leg pertama.

Setelah susah payah mencuri kemenangan satu gol di Farum Park pekan lalu, di leg kedua Zenit tanpa kesulitan yang berarti memporak-porandakan pertahanan Nordsjaelland. Di menit keempat tendangan striker kawakan Roman Shirokov hanya membentur mistar gawang. Baru di menit ke-26, Zenit memecah kebuntuan lewat gol Shirokov yang mengelabui kiper Martin Hansen. Skor 1-0 bertahan sampai jeda.

Lima menit setelah babak kedua dimulai, Zenit mulai menunjukkan kualitasnya dengan mencetak gol kedua lewat gol cantik striker Hulk. 12 menit kemudian, Hulk berperan besar atas terciptanya gol ketiga. Umpan silangnya diselesaikan gelandang Portugal, Danny. Skor 3-0. Empat menit berlalu, memanfaatkan blunder pertahanan tim tamu, Andrey Arshavin menambah keunggulan Zenit menjadi 4-0.

Dikeluarkannya Luis Neto di menit ke-72 membuat Zenit tampak leluasa mengendalikan jalannya pertandingan. Namun, dua menit berselang, Nordsjaelland justru mendapat hadiah tendangan penalti. Sayang, eksekusi Nicolai Stokholm hanya membentur mistar. Di injury time, Shirokov kembali mencatatkan namanya di papan skor. Skor 5-0.

Dengan hasil ini, tinggal selangkah lagi skuat asuhan Luciano Spalletti untuk kembali berkiprah di babak penyisihan grup. Namun, Zenit terlebih dahulu harus menunggu calon lawan di babak play-off. Sesuai dengan rencana, UEFA akan menggelar drawing atau undian fase grup Liga Champions pada Jumat (9/8/13) besok siang waktu setempat.

Sementara itu, dalam laga lainnya, FH Hafnarfjordur gagal mencetak sejarah dengan hanya bermain imbang tanpa gol dengan tamunya Austria Vienna. Walhasil, klub Austria lolos ke play-off dengan keunggulan agregat 1-0.

Tiket menuju babak play-off juga dipetik FC Metalist Kharkiv (Ukraina) dan Dinamo Zagreb (Kroasia). Kharkiv unggul agregat 3-1 setelah di leg kedua bermain imbang 1-1 dengan tamunya PAOK Salonika (Yunani). Sedangkan, Dinamo Zagreb unggul agregat 4-0 usai menghancurkan tuan rumah Sheriff Tiraspol (Moldova) 3-0.

Satu-satunya wakil Skotlandia, Celtic juga berhasil menjaga peluangnya mengikuti penyisihan grup setelah unggul agregat 1-0 dari IF Elfsborg (Swedia). Di leg kedua yang berlangsung di kandang Elfsborg, Boras Arena, kedua tim bermain imbang tanpa gol. (*)

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/19PwlQV">Gasak Chelsea, Madrid Juara International Champions Cup</a>
* <a href="http://bit.ly/147DML9">Gelandang Real Madrid Berfoto Mesra di Amerika</a>
* <a href="http://bit.ly/14A4l2A">Soal David Luiz, Chelsea Sudah Terima Tawaran Barcelona</a>
* <a href="http://bit.ly/15IrUFK">Barca Yakin Dapatkan Suarez dengan Gratis</a>
* <a href="http://bit.ly/14A4rr6">Arsenal Siapkan Dana Besar untuk Gelandang Muda Dortmund</a>
* <a href="http://bit.ly/19ddWOq">Chong Wei Terkejut dengan Permainan Hayom</a>

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini