Sukses

Tunggal Putra "Perang Saudara" di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis

Tommy Sugiarto dan Simon Santoso akan saling mengalahkan di babak kedua Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2013.

Tommy Sugiarto dan Simon Santoso akan saling berhadapan di ajang Kejuaraan Dunia 2013. Pertarungan ini akan terjadi jika kedua pebulu tangkis tunggal putra itu mengalahkan lawan-lawanya pada babak pertama yang berlangsung di Guangzhou, China, 5-11 Agustus 2013.

"Saya rasa pertandingan ini akan ramai, tidak mudah untuk menentukan siapa yang menang," kata Joko Suprianto, Kepala Pelatih Tunggal Putra PBSI, di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, baru-baru ini.

Di laga perdana, Tommy akan menghadapi Hans-Kristian Vittinghus asal Denmark. Sementara Simon menantang pebulu tangkis Taiwan Hsu Jen Hao.

Pertemuan ini adalah yang kedua bagi Tommy dan Simorn. Skor pertemuan sementara diungguli Simon 1-0. Di Malaysia Open Superseries 2012, Simon menghentikan perlawanan Tommy dalam permainan straight set 21-18 dan 21-15.

"Peluang bertemu Simon memang ada, tapi saya mau fokus dulu di babak pertama melawan Vittinghus. Dia adalah pemain Eropa yang tipe permainanya agresif," ucap Tommy.

Jika melihat performa masing-masing pemain di tahun ini, Tommy tampaknya berpeluang untuk membalas kekalahannya atas Simon. Penampilan Tommy terus menanjak hingga meraih gelar superseries pertama di Singapore Open Superseries 2013 Juni lalu. Sedangkan Simon belum kembali ke penampilan terbaiknya setelah sembuh dari sakit dan cedera pinggang.

"Melihat grafik penampilan saya akhir-akhir ini, memang seharusnya saya bisa tampil lebih baik dari sebelumnya," tambah putra mantan pebulu tangkis nasional Icuk Sugiarto itu.

Sementara itu, Dionysius Hayom Rumbaka mendapat undian kurang menguntungkan. Di babak kedua, Hayom sudah harus berjumpa dengan Lee Chong Wei yang diunggulkan di tempat pertama. Sebelumnya, Hayom akan melawan Misha Zilberman dari Israel.
 
Sedangkan di pool bawah ada finalis Malaysia Open Superseries 2013, Sony Dwi Kuncoro. Pemain asal Singapura, Derek Wong, akan menjadi lawan Sony. Kemungkinan besar Sony akan berhadapan dengan pebulu tangkis Malaysia, Daren Liew. Jika melewati semua ujian tersebut, Sony sudah harus menghadapi Chen Long, peraih perunggu Olimpiade London 2012 yang juga unggulan kedua asal China.(BI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini