Sukses

Final Wilayah Timur NBA: Blunder Konyol Haliburton Bantu Celtics Menang atas Pacers

Haliburton melakukan kesalahan dengan kehilangan bola saat laga tersisa 28 detik sehingga momentum dan keunggulan Pacers hilang.

Liputan6.com, Jakarta Indiana Pacers kalah tragis dan menyakitkan di game pertama final Wilayah Timur NBA 2023/2024 saat dijamu Boston Celtics di TD Garden, Rabu (22/5/2024) pagi WIB. Blunder konyol point guard Tyrese Haliburton membuat Pacers kalah lewat overtime 128-133.

Main di kandang sendiri, Boston Celtics mendominasi dua kuarter awal. Celtics terus memimpin bahkan sempat dua digit di pertengahan kuarter pertama dan kedua. Pacers barus bisa unggul untuk pertama kalinya di awal kuarter ketiga.

Namun keunggulan Pacers tidak bertahan lama. Sempat unggul lima poin, Pacers langsung ke balap dan malah berbalik tertinggal sampai 13 poin di pertengahan akhir kuarter ketiga.

Pacers makin percaya diri di kuarter empat. Mereka sempat unggul sampai lima poin. Pacers nyaris memenangi pertandingan sebelum Haliburton melakukan turnover konyol.

Saat Pacers sedang unggul tiga poin dengan tersisa 30 detik lagi, Tyrese Haliburton membawa bola sendirian di tengah lapangan. Tiba-tiba bola mental ke pahanya sehingga keluar lapangan.

Celtics memang tidak langsung mencetak poin dari kesalahan Haliburton ini. Namun blunder Haliburton menghancurkan momentum Pacers dan memberi angin segar kepada Celtics.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Haliburton Merusak Momentum Pacers

Celtics memang tidak langsung mencetak poin dari kesalahan Haliburton ini. Namun blunder Haliburton menghancurkan momentum Pacers dan memberi angin segar kepada Celtics.

Usai Haliburton membuang penguasaan bola, tembakan Derrick White dan Jayson Tatum memang meleset. Tapi Celtics melanggar Haliburton sehingga menghasilkan inbound. Tapi lemparan tersebut penguasaan bola Pacers hilang dan akhirnya dimanfaatkan Jaylen Brown untuk melesakkan tembakan tiga angka guna menyamakan skor.

Haliburton kemudian juga gagal mencetak angka di detik akhir sehingga pertandingan berlanjut ke overtime. Haliburton terlalu memaksakan tembakan tiga poin meski dua poin saja sudah cukup membuat Pacers menang.

Di babak overtime, Haliburton lagi-lagi kehilangan bola saat dijaga ketat Jrue Holiday dimana saat itu Pacers tertinggal setengah bola. Sejak kejadian itu Celtics tak lagi terkejar oleh Pacers.

3 dari 3 halaman

Tatum Jadi Bintang Kemenangan Celtics

Secara keseluruhan Haliburton memimpin perolehan poin Pacers dengan 25 angka dan 10 assists. Pascal Siakam menyusul dengan 24 poin dan 12 rebound.

Di kubu Celtics, Tatum menjadi bintang lapangan dengan 36 angka. Holiday juga bermain gemilang dengan raihan 28 angka.

Dengan demikian Celtics memimpin 1-0 atas Pacers. Game kedua masih akan berlangsung di kandang Celtics dua hari kemudian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.