Sukses

Hasil Liga Europa: Singkirkan AS Roma, Leverkusen Tantang Atalanta di Final

Leverkusen menyingkirkan AS Roma lewat pertarunan sengit di leg kedua semifinal di BayArena, sementara Atalanta juga lolos ke final usai meraih kemenangan agregat 4-1 setelah mengalahkan Marseille di Gewiss Stadium

Liputan6.com, Jakarta Bayer Leverkusen akan bertemu Atalanta di final Liga Europa 2023/2024. Kedua tim berhak maju ke partai puncak usai menyingkirkan lawan-lawannya di laga semifinal. Rencananya, partai final ini bakal dihelat di Aviva Stadium, Dublin pada Kamis, 23 Mei 2024 mendatang.

Leverkusen lolos ke babak selanjutnya setelah menahan imbang AS Roma 2-2 dalam laga leg kedua semifinal di BayArena, Jumat dini hari WIB (10/5/2024). Dengan demikian klub Bundesliga ini menang agregat 4-2, karena pada pertandingan pertama mereka menang 2-0.

Sedangkan, Atalanta juga maju ke fase selanjutya dengan kemenangan agregat 4-1 usai menakukkan Marseille 3-0 di leg kedua di Gewiss Stadium, dini hari tadi. Kedua tim sebelumnya bermain imbang 1-1 di leg pertama.

Laga sengit terjadi saat Leverkusen menjamu Roma. Tuan rumah sempat was-ws lantaran tertinggal dua gol lebih dulu akibat dua eksekusi penalti Leandro Paredes.

Roma memang tampil agresif sejak awal pertandingan. Mereka terus mengurung pertahanan lawannya. Di sisi lain, Leverkusen juga tak mau kalah dan bermain menyerang.

Namun, pada menit ke-41, Jonathan Tah melakukan pelanggaran di kotak terlarang dan wasit memutuskan penalti untuk Roma yang sukses dituntaskan menjadi gol oleh Paredes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Leverkusan Nyaris Telan Kekalahan Pertama

Di babak kedua, Roma masih tetap mengendalikan permainan. Hasilnya, pada menit 64 Roma kembali mendapat penalti. Paredes pun sekali lagi mencetak gol dan membuat Roma unggul 2-0.

Meski ketinggalan dua gol, Leverkusen tak mau menyerah begitu saja. Mereka akhirnya mendapat gol pada menit ke-82 setelah Mancini salah mengantisipasi umpan sepak pojok dan membuat bola masuk ke gawang timnya sendiri.

Bahkan, Leverkusen terhindar dari kekalahan pertama mereka di semua kompetisi musim ini usai Stanisic yang masuk sejak awal masa injury time sukses mencetak gol penyeimbang di menit ke-90+7.

3 dari 3 halaman

Tampil Dominan, Atalanta Menang Meyakinkan

Di laga lain Atalanta tampil dominan atas lawannya. Usaha mereka akhirnya membuahkan hasil pada menit 30 setelah tembakan Ademola Lookman menjebol gawang Maseille.

Unggul satu gol membuat Atalanta tampil makin percaya diri. Hasilnya, La Dea berhasil mencetak gol kedua lewat Matteo Ruggeri setelah memanfaatkan umpan Lookman.

Perlawanan Marseille berakhir sudah setelah Atalanta membuat gol ketiga di akhir pertandingan. Klub wakil Liga Italia pun menang dengan skor telak 3-0.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.