Sukses

Timnas Indonesia vs Korea Selatan di 8 Besar Piala Asia U-23, STY: Harusnya Jumpa saat Final

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong agak menyayangkan perjumpaan dini skuadnya dengan Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Hal itu lantaran dia berharap Garuda Muda bisa menantang Taeguk Warriors di babak final.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong agak menyayangkan perjumpaan dini skuadnya dengan Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

Juru taktik berusia 53 tahun sejatinya berharap pasukan Garuda Muda akan ditantang Jepang saat 8 besar, lantaran lebih ingin berjumpa Taeguk Warriors muda di partai puncak.

Seperti diketahui skuad U-23 Indonesia baru saja membuat sejarah gemilang di panggung Asia. Rizky Ridho dan kawan-kawan, yang hanya berstatus sebagai debutan, langsung mampu mencapai perempat final usai finis sebagai runner-up grup A.

Garuda Muda sejatinya sempat kalah 0-2 dari tuan rumah Qatar di laga perdana penyisihan. Namun, Timnas Indonesia U-23 bangkit lewat kemenangan tipis 1-0 atas Australia serta keunggulan spartan 4-1 kontra Yordania di duel selanjutnya.

Capaian tersebut mengantar anak-anak asuh Shin Tae-yong harus bersua dengan juara grup B yang disabet oleh Korea Selatan. Mereka mengalahkan Jepang dengan 1-0 dalam matchday ketiga pada Senin (22/4/2024) malam WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ingin Jumpa Korea Selatan di Final

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong pun terang-terangan mengaku dirinya sejatinya tak ingin berjumpa Korea Selatan di perempat final. Dia semula berharap anak-anak asuhnya bakal menantang Jepang, supaya bisa berjumpa dengan tim dari negeri ginseng di babak final.

"Jujur saja, saya ingin bertemunya dengan Jepang (di perempat final) karena inginnya umpa Korea itu di final," ucap Shin Tae-yong dalam keterangannya jelang laga 8 besar melawan Taeguk Warriors.

"(Itu) supaya (Indonesia dan Korea Selatan) bisa lolos sama-sama ke Olimpiade dan sama-sama senang karena ikut Olimpiade bersamaan."

"Akan tetapi, seperti yang sudah diketahui, pertandingan itu tidak berjalan semau kita, kita tidak bisa membuat hasilnya. Jadi kami tetap akan bekerja keras untuk persiapan melawan Korea nanti," tandas pelatih berusia 53 tahun.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-23 Punya Keuntungan

Terlepas dari keharusan menantang negaranya sendiri di perempat final Pala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong menganggap Timnas Indonesia U-23 sudah mengantongi sedikit keuntungan dibanding Korea Selatan.

Garuda Muda mendapat lebih banyak waktu istirahat dibanding calon lawannya. Belum lagi, STY lumayan familiar dengan permainan Taeguk Warriors lantaran pernah bertugas di timnas senior Korea Selatan.

"Sebenarnya (perasaan saya) lebih tenang karena kita lebih banyak istirahat satu hari dibanding lawan nanti. Apalagi saya benar-benar tahu sekali lawannya nanti seperti apa," ucap Shin Tae-yong dalam keterangannya jelang laga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.