Sukses

Hasil BRI Liga 1 Borneo FC vs Madura United: Kalah Telak, Rekor Tidak Terkalahkan Pesut Etam Berakhir

Pimpinan klasemen BRI Liga 1 2023/2024 Borneo FC menderita kekalahan mengejutkan pada pekan ke-31 kompetisi. Pesut Etam tumbang 0-4 dari Madura United di Stadion Batakan, Rabu (17/4/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan klasemen BRI Liga 1 2023/2024 Borneo FC menderita kekalahan mengejutkan pada pekan ke-31 kompetisi. Pesut Etam tumbang 0-4 dari Madura United di Stadion Batakan, Rabu (17/4/2024).

Malik Risaldi ('44), Francisco Rivera ('52), Jaja ('57), dan Bayu Gatra ('90+1) bergantian merobek gawang tuan rumah pada pertandingan tersebut.

Ini adalah hasil minor pertama Borneo FC sejak tumbang 1-2 dari Persebaya Surabaya pada 3 September 2023. Meski begitu, posisi mereka tidak berpengaruh. Borneo FC sudah memastikan tiket menuju Championship Series Liga 1. 

Di sisi lain, Madura United memperbesar peluang melaju ke fase tersebut. Mereka naik ke urutan empat dengan koleksi 50 poin, unggul tiga angka atas pesaing terdekat Dewa United dan PSIS Semarang.

Borneo FC selanjutnya menghadapi Arema FC, Minggu (21/4/2024). Sementara Madura United bersua PSM Makassar di hari yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalan Pertandingan dan Susunan Pemain Borneo FC vs Madura United

Borneo sebenarnya mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu, namun beberapa upaya yang mereka lakukan belum membuahkan hasil.

Skuad asuhan Pieter Huistra sempat mendapatkan peluang andai umpan Muhammad Sihran dapat disambut oleh tendangan Ahmad Hardianto.

Madura dapat memecah kebuntuan terlebih dahulu setelah umpan terobosan Francisco Rivera dapat dikonversikan menjadi gol oleh Malik Risaldi pada menit 44 sehingga skor berubah menjadi 1-0. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Borneo berupaya untuk mencari gol penyeimbang, akan tetapi usaha yang mereka lakukan tak berbuah menjadi gol.

Madura dapat menambah keunggulan pada menit 52 setelah Francisco Rivera dengan baik membobol gawang Nade Argawinata sehingga skor berubah menjadi 2-0.

Skuad asuhan Mauricio Souza berhasil menbah keunggulan menjadi 3-0 setelah umpan tarik Rivera dapat dikonversikan menjadi gol oleh tendangan Hugo Gomes pada menit 57.

Tertinggal tiga gol Borneo berusaha untuk setidaknya memperkecil ketertinggalannya, salah satunya lewat sundulan Ahmad Hardianto yang masih menyamping dari gawang Madura.

Selanjutnya giliran penyerang sayap Borneo Win Naing Tun yang melepaskan tendangan keras ke arah gawang Madura, akan tetapi bola dapat diamankan kiper Lucas Frigeri.

Laskar Sape Kerrab berhasil menambah keunggulannya pada pertandingan ini setelah umpan Rivera dapat dikonversikan menjadi gol oleh Bayu Gatra sehingga skor berubah menjadi 4-0 pada menit 90+1.

Selanjutnya pada sisa waktu pertandingan, skuad Pesut Etam terus berupaya untuk setidaknya memperkecil ketertinggalannya, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 4-0 untuk kemenangan Madura United tetap bertahan.

Susunan Pemain

Borneo FC: Nadeo Argawinata, Diego Michiels, Leo Guntara, Rizky Dwi Febrianto, Silverio Silva, Adam Alis, Kei Hirose, Rivaldo Enero Pakpahan, Ahmad Nur Hardianto, M Sihran, Terens Puhiri

Madura United: Lucas Frigeri, Cleberson, Fachruddin Aryanto, Koko Ari, Novan Sasongko, Francisco Rivera, Hugo Gomes, Jacob Mahler, Dalberto Belo, Malik Risaldi, Riyatno Abiyoso

3 dari 3 halaman

Hasil dan Jadwal BRI Liga 1 Pekan Ini

Senin, 15 April 2024

Persita Tangerang vs Persib Bandung: 3-3

PSS Sleman vs Arema FC: 4-1

Persikabo 1973 vs Bali United: 3-2

Selasa, 16 April 2024

Persebaya vs Dewa United: 0-3

PSM Makassar vs PSIS Semarang: 3-1

Bhayangkara FC vs Persik Kediri: 7-0

Rabu, 17 April 2024

Borneo FC vs Madura United: 0-4

19.00 WIB: Persija Jakarta vs Persis Solo

19.00 WIB: Rans Nusantara vs Barito Putera

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini