Sukses

Babak I Piala Asia U-23 2024: VAR Bikin Timnas Indonesia Tertinggal dari Qatar

VAR di akhir babak pertama membuat timnas Indonesia tertinggal 0-1 dari Qatar di Piala Asia U-23 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia U-23 harus tertinggal 0-1 di babak pertama saat melawan tuan rumah Qatar pada laga perdana Piala Asia U-23 2024. VAR membuat Indonesia tertinggal. Qatar mencetak gol lewat penalti setelah wasit mengecek VAR.

Qatar langsung menekan Indonesia sejak awal. Mereka banyak menekan dari sektor kanan pertahanan Indonesia. Saif Eldeen Hassan kerap merepotkan Ilham Rio Fahmi dengan penetrasinya.

Peluang emas pertama Qatar datang pada menit 17 melalui Mahdi Salem. Beruntung tembakan pemain nomor punggung 14 ini masih bisa diamankan kiper Ernando Ari.

Memasuki pertengahan babak pertama, timnas Indonesia U-23 mulai bisa mengimbangi Qatar. Sebuah peluang didapat pada menit 25 dari lemparan ke dalam jarak jauh Pratama Arhan. Bola coba disundul Muhammad Ferarri dan mengenai pemain Qatar. Namun kiper Youssef Abdullah masih bisa menangkap bola dengan baik.

Ahmed Al Rawi hampir membuat Qatar membuka keunggulan di menit 28. Beruntung tembakan Al Rawi melambung jauh meski sudah berdiri bebas di kotak penalti Indonesia.

Pada menit 38 Indonesia seharusnya bisa memimpin melalui tembakan dari luar kotak penalti yang dilepaskan Rafael Struick. Sayangnya bola membentur tiang gawang Qatar.

Malapetaka menimpa Indonesia di menit 43. Rizky Ridho melakukan kesalahan saat mengejar umpan jauh di kotak penalti Indonesia. Sikut Rizky mengenai muka Salem. Wasit awalnya memberikan pelanggaran untuk Indonesia. Namun VAR berkata lain. Setelah melihat tayangan ulang, wasit akhirnya menunjuk titik putih.

Khaled Ali yang menjadi algojo penalti dengan dingin memperdaya Ernando Ari. Qatar mampu unggul 1-0 atas timnas Indonesia sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain Timnas Indonesia

Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari; Rizky Ridho, Komang Teguh, Muhammad Ferarri; Rio Fahmi, Pratama Arhan, Ivan Jenner, Arkhan; Witan, Marselino Ferdinan, Rafael Struick

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.