Sukses

Carlo Ancelotti Cetak Rekor Dahsyat di Liga Champions Usai Real Madrid vs Manchester City

Carlo Ancelotti meninggalkan Sir Alex Ferguson dalam urusan memimpin pertandingan di Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta- Meski Real Madrid gagal mengalahkan Manchester City pada leg pertama babak perempat final Liga Champions 2023/2024 yang berlangsung Rabu (10/4/2024) dini hari WIB, pelatih Carlo Ancelotti mampu memecahkan rekor dahsyat.

Ancelotti menjadi pelatih pertama dalam sejarah yang mampu memimpin tim dalam 200 pertandingan di Liga Champions. Catatan Ancelotti di UCL juga dahsyat. Pria Italia itu meraih 114 kemenangan.

Secara kebetulan, Ancelotti menyamai rekor sebelumnya yang dibuat Sir Alex Ferguson dengan 190 pertandingan juga saat Real Madrid berjumpa Manchester City, pada leg kedua semifinal Liga Champions 2022/2023.

Rekor 200 laga di Liga Champions ini akan sulit dipecahkan dalam waktu dekat. Saat ini saja baru ada sembilan pelatih yang mampu memimpin lebih dari 100 laga di Liga Champions.

Selain Ferguson dan Ancelotti, pelatih lain yang sudah menangani pertandingan Liga Champions lebih dari 100 kali adalah Jurgen Klopp (100), Massimiliano Allegri of Juventus (100), Diego Simeone (101), Mircea Lucescu (115), Jose Mourinho (145), Pep Guardiola (168), dan Arsene Wenger (178).

Ancelotti pertama kali merasakan melatih di Liga Champions bersama Parma. Total enam kali Ancelotti melatih Parma di Liga Champions. Kemudian dia 10 kali memoles Juventus di Liga Champions.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ancelotti Paling Sering Bersama AC Milan

Yang terbanyak Ancelotti bersama AC Milan dengan 73 pertandingan. Di Chelsea, Ancelotti cuma 18 pertandingan, sedangkan di Napoli dan Bayern Munchen masing-masing 12 pertandingan. Adapun di Paris Saint Germain, Ancelotti memimpin pada 10 laga Liga Champions.

Bersama Real Madrid, Ancelotti total berkiprah di Liga Champions sebanyak 59 kali dalam dua periode. Pada periode pertama, Ancelotti cuma bertugas di 25 laga Liga Champions.

3 dari 3 halaman

Gelar Juara Ancelotti di Liga Champions

Total Ancelotti pernah meraih gelar juara Liga Champions sebagai pelatih sebanyak empat kali. Dua bersama AC Milan dan dua lagi di Real Madrid.

Saat masih aktif sebagai pemain, Ancelotti juga pernah juara Piala Champions sebanyak dua kali bersama AC Milan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.