Sukses

Begini Strategi Perbasi hadapi Jadwal Padat Timnas Basket Indonesia di 2024

Timnas basket Indonesia akan ikut di sejumlah turnamen usia dini pada tahun 2024 ini.

Liputan6.com, Jakarta- Tahun 2024 menjadi saat yang sibuk bagi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi). Banyak kejuaraan usia yang harus dihadapi oleh timnas basket Indonesia sepanjang tahun Naga Kayu ini.

Padatnya agenda usia dini timnas basket di awali dengan dengan kejuaraan antarnegara Asia Tenggara kategori putri khusus U-18. Kejuaraan dengan titel SEABA U-18 Putri akan berlangsung di Thailand pada 24-26 Mei 2024.

Kemudian tim dengan kelompok umur yang sama akan bersaing di FIBA U-18 Women’s Asia Cup 2024, Division A. Ajang ini akan diselenggarakan di Senzhen, China, pada 24-30 Juni 2024.

Untuk hadapi kejuaraan ini, PP Perbasi sudah membentuk Timnas U-18 Putri di Bali. Seleksi dilakukan pada 22-24 Maret yang diikuti 54 pemain.

Dari jumlah ini kemudian dikerucutkan menjadi 18 pemain. Saat ini para pemain sedang jalani training center dengan sistem promosi dan degradasi di Bali. Kegiatan ini berlangsung sampai 7 April sebelum diliburkan karena Idul Fitri dan berlanjut lagi usai hari Kemenangan.

Adapun untuk Timnas U-18 Putra, PP Perbasi rencnaanya akan melakukan seleksi dalam waktu dekat untuk dapatkan komposisi tim terbaik yang akan diterjunkan di SEABA U-18. Ajang ini akan berlangsung di Malaysia pada 19-21 Juli 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berangkat ke Lithuania

Usai SEABA U-18, jika lolos mereka direncanakan kembali gelar training center untuk dipersiapkan turun di ajang FIBA U-18 Asia Cup 2024 pada 2-9 September 2024.

“Terkait pemain putra U-18 yang akan berangkat ke Lithuania akan diumumkan segera April ini. Waktu keberangkatannya setelah kegiatan Timnas U-18 Putra,” ujar Ketum PP Perbasi Danny Kosasih kepada media yang dilaksanakan di Jakarta Selatan Jumat (5/4).

3 dari 3 halaman

Target Perbasi

Hadir dalam kesempatan tersebut adalah Manajer Timnas U-18 Putra Murni Setionegoro, Pelatih Timnas 3X3 Putri Fandi Andika Ramadhani, manajer Timnas Basket Putra Rony Gunawan, Gianita Kadarisman selaku Deputy Consul General Lithuania dan perwakilan pemain serta perwakilan orang tua.

Kata Danny, Timnas 3X3 juga gak mau ketinggalan. Timnas 3x3 putri yang baru saja selesai mengikuti FIBA Asia di Singapora pada tanggal 26 hingga 31 Maret 2024 akan segera melakukan seleksi pada bulan akhir april di kota Yogyakarta untuk mempersiapkan timnas menuju Nation League di China.

Pada kesempatan ini, Danny menegaskan bahwa federasi dengan serius menyiapkan tim ini agar bisa bawa bangga negara di ajang internasional. Mengingat, kejuaraan-kejuaraan yang digelar pada tahun ini sejalan dengan rencana regenerasi PP Perbasi menatap masa depan Bolabasket lebih baik.

“Target kami, para pemain muda 3x3 ini bisa lebih terus terasah kemampuannya dengan terlibat di berbagai kejuaraan. Harapannya pada tahun 2025 di SEA Games Thailand serta Olimpiade 2028 Timnas kita bisa berpeluang main di sana,” terang Danny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.