Sukses

5 Pelatih Terbaik Manchester United, Bawa Kesuksesan dan Kejayaan ke Old Trafford

Manchester United telah melalui berbagai era kejayaan dalam sejarahnya. Dalam artikel ini, kita akan melihat enam pelatih tersukses Manchester United yang telah membawa klub ini meraih kesuksesan dan kejayaan.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United telah melalui berbagai era kejayaan dalam sejarahnya. Di balik prestasi tersebut, terdapat peran penting dari pelatih-pelatih yang telah melatih klub ini. Dalam artikel ini, kita akan melihat lima pelatih tersukses Manchester United yang telah membawa klub meraih kesuksesan dan kejayaan.

MU merupakan salah satu klub tersukses dari Inggris. Setan Merah sudah menjuarai berbagai kompetisi, baik di level domestik, regional, hingga internasional.

Capaian itu tentu tidak diraih begitu saja. Setiap individu yang terlibat di dalam klub memainkan peran masing-masing. Termasuk pelatih yang mengatur komposisi skuad.

Sepanjang sejarahnya, MU memiliki sejumlah manajer berpengaruh, mulai Matt Busby hingga Alex Ferguson. Namun, trofi tidak hanya datang dari mereka berdua saja. 

Para pelatih berprestasi ini telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam membangun warisan di Old Trafford.

Berikut daftar lima pelatih yang memainkan peran besar di balik sukses Setan Merah:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2 Sosok Legendaris Manchester United

1. Sir Matt Busby (1945-1969)

Sir Matt Busby adalah pelatih pertama yang membawa kesuksesan besar bagi Manchester United. Ia memimpin klub ini selama 24 tahun, dan berhasil meraih lima gelar Liga Inggris serta tiga Piala FA. Prestasi terbesarnya adalah memenangkan Piala Champions Eropa pada tahun 1968, menjadikan Manchester United sebagai klub Inggris pertama yang meraih trofi tersebut.

2. Sir Alex Ferguson (1986-2013)

Tanpa diragukan lagi, Sir Alex Ferguson adalah pelatih tersukses dalam sejarah Manchester United. Ia memenangkan 13 gelar Liga Inggris, lima Piala FA, empat Piala Liga, dan dua Liga Champions. Di bawah kepemimpinannya, Manchester United mencapai puncak kesuksesan dengan meraih treble pada musim 1998-1999, yaitu gelar Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions. 

3 dari 3 halaman

Beri Senyum di Masa Sulit Manchester United

3. Ernest Mangnall (1903-1912)

Ernest Mangnall adalah pelatih pertama yang membawa Manchester United meraih gelar Liga Inggris pada tahun 1908 dan 1911. Ia juga berhasil memenangkan Piala FA pada tahun 1909. Mangnall dikenal sebagai pelatih yang inovatif dan memperkenalkan metode pelatihan modern yang membantu klub ini meraih kesuksesan.

4. Tommy Docherty (1972-1977)

Tommy Docherty memimpin Manchester United pada era yang sulit setelah kejatuhan klub dari Divisi Pertama ke Divisi Kedua. Namun, ia berhasil membangkitkan semangat tim dan membawa mereka kembali ke Divisi Pertama pada tahun 1975. Docherty juga memenangkan Piala FA pada tahun 1977, mengakhiri penantian 15 tahun Manchester United untuk meraih trofi tersebut.

5. Ron Atkinson (1981-1986)

Ron Atkinson membawa Manchester United meraih dua gelar Piala FA pada tahun 1983 dan 1985. Ia juga berhasil membangun tim yang kompetitif dengan pemain-pemain seperti Bryan Robson dan Norman Whiteside. Prestasinya yang paling diingat adalah ketika Manchester United mencapai perempat final Liga Champions pada tahun 1984.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.