Sukses

Erick Thohir Kembali Tegaskan Syarat Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong: Tembus 8 Besar Piala Asia U-23

Ketua Umum PSSI Erick Thohir kembali menegaskan syarat perpanjangan kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Nakhoda federasi sepak bola Tanah Air mengisyaratkan dirinya bakal tetap saklek pada kesepakatan dengan STY terkait target membawa timnas menembus babak 8 besar Piala Asia U-23 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir kembali menegaskan syarat perpanjangan kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Nakhoda federasi sepak bola Tanah Air itu mengisyaratkan dirinya bakal tetap saklek pada kesepakatan dengan STY terkait target membawa Garuda menembus babak 8 besar Piala Asia U-23 2024.

Seperti diketahui, kontrak Shin Tae-yong bersama PSSI semula diagendakan berakhir pada Desember 2023. Akan tetapi, pihak federasi memutuskan memberi perpanjangan singkat hingga Juni 2024 lantaran eks pelatih Timnas Korea Selatan harus lebih dulu memimpin pasukan Merah Putih berlaga di ajang Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024.

Duo kompetisi tersebut pun sekaligus dijadikan indikator buat menentukan masa depan STY di Tanah Air. PSSI berkomitmen menghadiahi dia perpanjangan kontrak apabila berhasil mengantar Timnas Indonesia lolos 16 besar Piala Asia 2023, serta membawa Timnas Indonesia U-23 mencapai fase perempat final Piala Asia U-23 2024.

Misi pertama sudah berhasil diselesaikan Shin Tae-yong dengan baik. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan didorongnya mencetak sejarah dengan pertama kali menginjakkan kaki di fase knock-out AFC Asian Cup 2023, sebelum dipaksa takluk 0-4 oleh Australia.

Adapun misi berat langsung menanti juru taktik berusia 53 tahun dua bulan berselang. Dia harus kembali bergulat dengan persaingan papan atas Asia dalam ajang AFC Asian Cup U-23 2024, di mana Timnas Indonesia U-23 tergabung di grup A dengan negara-negara raksasa sekelas tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kiprah Shin Tae-yong Jelang Piala Asia U-23

Skuad racikan Shin Tae-yong sejatinya boleh dikata sudah punya modal bagus jelang turun di AFC Asian Cup U-23. Mereka baru saja mendapat suntikan kepercayaan diri usai mengalahkan Vietnam dua kali beruntun dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026, dengan hampir setengah skuad kala itu kembali dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23.

Prestasi gemilang juga sukses dipetik pasukan Garuda baru-baru ini, sehingga berpotensi membangun momentum positif menuju ajang Piala Asia U-23 2024. Indonesia naik kasta 8 peringkat di tabel ranking FIFA, dari yang sebelumnya berada di posisi 142 menjadi duduk di urutan 134 dunia.

Sayangnya, capaian itu kemungkinan tak bisa menjadi faktor tambahan yang meringankan beban Shin Tae-yong di ajang AFC Asian Cup U-23. Terlepas dari maraknya puja-puji yang diperlihatkan penggemar terhadap prestasi baru skuad Garuda, Ketum PSSI Erick Thohir menegaskan tetap target yang harus dipenuhi sang pelatih untuk bisa melanjutkan kiprah bersama tim nasional sepak bola Indonesia.

3 dari 4 halaman

Komentar Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak STY

“Komitmen saya dan Coach Shin seperti itu (Timnas Indonesia U-23 harus tembus 8 besar Piala Asia U-23 2024). Akan tetapi, ya kembali, kita harapkan lebih,” ungkap Erick Thohir dalam wawancara bersama awak media di Gedung Kementerian BUMN, Jumat (5/4/2024) sore WIB.

“Saya rasa Coach Shin dengan saya, sama seperti saya dengan Coach Mochizuki (pelatih timnas putri), dengan Coach Indra (pelatih U-20), dengan Coach Nova (pelatih U-17). Treatment-nya saya sama. Saya memperlakukan mereka sebagai tim yang solid dengan saya. Mereka bisa WA saya kapan pun, bisa telepon kapan pun, tetapi sebagai profesional ya kita mesti punya target dalam hidup,” katanya lagi

“Kita coba dulu jalani targetnya, kekeluargaannya berikutnya. Jangan dibalik: kekeluargaan dulu, tetapi tidak ada profesional dan targetnya (diabaikan). Nanti kita lihat. Kalau ternyata hasilnya bagus, ya sesuai. Kalau belum bagus, ya kita ngobrol. Maaf kalau saya (terkesan) kaku. Ini prinsip buat saya sebagai profesional atau saya sebagai Ketua Umum, selalu ingin ada target karena saya menargetkan diri saya juga,” tandas Ketum PSSI.

4 dari 4 halaman

Kabar Buruk buat Shin Tae-yong Jelang Piala Asia U-23

Di tengah besarnya tugas menjalankan target PSSI, Shin Tae-yong justru dihantam kabar buruk sepanjang masa persiapan Piala Asia U-23 2024. Dua penggawa, yakni Justin Hubner dan Alfeandra Dewangga sudah dipastikan batal menyusul rekan-rekannya yang tengah menjalan TC di Dubai.

Menurut laporan, Dewangga baru saja menjalani operasi, sehingga tidak memungkinkan baginya untuk memenuhi panggilan juru taktik Korea Selatan. Sementara itu, Justin Hubner tidak dilepas oleh klubnya Cerezo Osaka, mengingat Piala Asia U-23 2024 sejatinya memang tak masuk dalam kaleder resmi FIFA.

“Kami mengalami kesulitan (dalam memanggil pemain), tapi memang harus dipersiapkan,” kata Shin Tae-yong, seperti dilansir situs resmi federasi sepak bola Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.