Sukses

Panaskan Mesin Jelang Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 Bakal Lakoni 2 Laga Uji Coba

Timnas Indonesia U-23 akan melakoni dua laga uji coba jelang tampil dalam ajang Piala Asia U-23 2024. Pelatih Garuda Muda Shin Tae-yong mengungkap anak-anak asuhnya bakal menantang Arab Saudi dan Uni Emirat Arab sebagai sarana memanaskan mesin menuju kompetisi.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 akan melakoni dua laga uji coba jelang tampil dalam ajang Piala Asia U-23 2024. Pelatih Garuda Muda Shin Tae-yong mengungkap anak-anak asuhnya bakal menantang Arab Saudi dan Uni Emirat Arab sebagai sarana memanaskan mesin menuju kompetisi.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 memang segera memulai perjuangan di Piala Asia U-23 2024 pada 15 April hingga 3 Mei mendatang. Kompetisi edisi ini menandai kali pertama dalam sejarah Garuda Muda tembus ke putaran final usai melewati babak kualifikasi, September lalu.

Total 28 pemain telah dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk memperkuat tim racikannya dalam turnamen AFC Asian Cup 2024. Sebanyak 6 penggawa abroad masuk daftar, sementara sisanya merupakan jebolan klub lokal Liga 1.

Skuad Merah Putih sendiri—tak termasuk pemain luar negeri—sudah berkumpul di Jakarta per Minggu (31/3/2024). Mereka langsung mengambil penerbangan menuju Dubai, Senin (1/4/2024) sore WIB, dan akan menjalani pemusatan latihan (TC) di sana hingga 11 April.

STY selaku juru taktik Skuad Garuda pun menjelaskan jadwal anak-anak asuhnya selama menjalani TC di Dubai. Eks pelatih Korea Selatan menyebut Timnas Indonesia U-23 akan mengikuti setidaknya 2 laga uji coba, masing-masing pada 5 dan 8 April 2024.

"(Uji coba Timnas Indonesia U-23) tanggal lawan Arab Saudi, tanggal 8 lawan Uni Emirat Arab," ujar Shin Tae-yong saat ditemui awak media di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat pada Senin (1/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waktu TC Timnas Indonesia U-23 Kurang

Terlepas dari adanya jadwal uji coba, Shin Tae-yong menilai waktu TC Timnas Indonesia U-23 masih kurang. Hal itu lantaran mereka cuma berkesempatan memanaskan mesin kurang dari dua minggu, sebelum harus bertolak ke Qatar pada 11 April mendatang.

"Jujur memang kurang cukup (waktu persiapannya). Akan tetapi namanya pelatih, saya harus tetap bisa maksimal," ucap Shin Tae-yong saat ditemui awak media di Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024)

"Dengan waktu yang singkat ini, kami perlu mencari cara bagaimana membuat tim terbentuk dan lebih baik. Waktu yang singkat ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin," tambah pelatih asal Korea Selatan.

 

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-23 Masuk Grup Berat

Adapun Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam grup berat di Piala Asia U-23 2024. Skuad Garuda Muda harus menantang Qatar, Yordania, serta Australia sejak fase penyisihan.

Shin Tae-yong pun mengakui grup Timnas Indonesia jadi salah satu yang terberat di ajang AFC Asian Cup edisi ini. Untuk itu, pelatih asal Korea Selatan ogah meremehkan lawan dan bertekad membawa anak-anak asuhnya tampil maksimal di kompetisi level Asia.

"Ini salah satu grup paling sulit (karena) ada Qatar yang juara Piala Asia 2023 kemarin, ada Yordania (runner-up Piala Asia senior), dan Australia," ucap Shin Tae-yong saat ditemui awak media di bilangan Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024)

"Tidak ada yang bisa kita remehkan. Kami harus bekerja keras dan semaksimal mungkin untuk menjadi tim yang lebih baik," sambung juru taktik asal Korea Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.