Sukses

Soal Penundaan BRI Liga 1, Bos Persebaya: Erick Thohir Ingin Bawa Indonesia ke Level yang Belum Pernah Dicapai

BRI Liga 1 ditunda sementara demi menyukseskan timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Qatar.

Liputan6.com, Jakarta- PSSI baru saja memutuskan menunda sementara BRI Liga 1 musim 2023/2024 mulai pekan 31. Keputusan penundaan ini diambil demi menyukseskan timnas Indonesia U-23 yang bakal berjuang di Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

Langkah menunda kompetisi ini mendapat beragam tanggapan. Bos Persebaya Surabaya, Azrul Ananda menilai keputusan ini karena ketua umum PSSI Erick Thohir sedang serius banget dan semangat membawa Timnas Indonesia ke level yang belum pernah dicapai selama ini.

Keputusan menunda sementara BRI Liga 1 yang masih menyisakan empat pertandingan lagi bagi setiap klub, diambil karena ada sejumlah pemain dari klub BRI Liga 1 yang dipanggil untuk memperkuat Timnas U-23. Mereka akan masuk pelatnas mulai 1 hingga 11 April 2024. Dalam rangka persiapan Piala Asia U-23 2024 yang akan digelar 15 April hingga 3 Mei 2024 di Qatar.

Sementara klub juga sedang membutuhkan pemain andalannya yang dipanggil Timnas Indonesia untuk mengarungi sisa musim Liga satu. Klub ada yang berjuang lolos empat besar, memperbaiki peringkat, serta yang paling penting berjuang lolos dari zona degradasi.

"Kita sekarang merasakan punya timnas yang punya gereget, yang step by step rasanya menuju lebih baik," kata Azrul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

STY dan Erick Thohir Ingin Tingkatkan Prestasi Timnas Indonesia

Lebih lanjut, Azrul mengungkapkan bahwa baik Erick Thohir maupun pelatih Shin Tae-yong sama-sama sedang dalam tekanan untuk meningkatkan prestasi Timnas Indonesia.

"Di bulan Ramadhan ini, semua sedang under pressure. Bang Erick sedang semangat-semangatnya, serius-seriusnya, membawa timnas kita ke level yang belum pernah dicapai. Saya selalu menyebut, punya klub sepak bola itu seperti menjadi departemen atau dinas kebahagiaan masyarakat. Nah, Bang Erick ini seperti pimpinan kementerian kebahagiaan masyarakat se-Indonesia. Bang Erick sedang under pressure untuk memberikan yang terbaik untuk kebahagiaan masyarakat bola Indonesia."

"STY sedang under pressure juga untuk meraih hasil terbaik. Mungkin, dia sedang under pressure untuk mempertahankan pekerjaan, dengan target-target yang mungkin sudah dibahas di PSSI. Pressure yang diturunkan ke seluruh barisan di bawahnya, termasuk para pemain. Dalam konteks ini, yang under pressure mungkin bukan hanya STY. Bahkan mungkin, Badan Tim Nasional mungkin lebih under pressure dari STY."

3 dari 3 halaman

Langkah Sah Penundaan BRI Liga 1

Hal tersebut dinilai sah-sah saja melihat agenda Piala Asia U-23 2024 tidak masuk kalender FIFA dan klub sedang dalam tekanan di pekan-pekan krusial musim ini.

"Pemicunya, Ada begitu banyak pemain yang tidak dilepas klub untuk mengikuti pemusatan latihan pada 1-11 April 2024. Setahu saya, hingga 30 Maret itu, 21 pemain tidak dilepas klubnya. Hanya sembilan yang akan berangkat. Ada yang terang-terangan mengirim surat. Ada yang jalan diskusi via teks atau telepon."

Untuk itu, langkah rasional mesti diambil oleh pemangku kebijakan.Apakah harus mengorbankan prestasi timnas, atau kompetisi Liga yang berdampak pada carut marutnya jadwal hingga masalah finansial yang bisa membengkak.

"Sukses tim nasional sepak bola Indonesia memang bukan emergency nasional, tapi mungkin tetap bisa dikategorikan kepentingan nasional. Dalam konteks ini, sukses liga sepak bola Indonesia juga kepentingan nasional. Karena semua, dari PSSI sampai seluruh klub, adalah departemen kebahagiaan masyarakat --khususnya masyarakat bola-- di seluruh penjuru tanah air."

Untuk itu, Azrul menganggap bahwa peristiwa penundaan BRI Liga 1 untuk kepentingan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 ini merupakan sebuah ujian untuk menuju lebih baik.

"Untuk menuju lebih baik, semua pasti akan menghadapi ujian. Sekarang, kita kembali menghadapi ujian common sense (kewarasan?) menyikapi sepak bola Indonesia. Dari level tertinggi, semua yang terlibat di dalamnya, hingga masyarakatnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.