Sukses

Jadwal Final All England 2024: Akhir 30 Tahun Penantian Gelar Juara Tunggal Putra

Indonesia berhasil mengukir sejarah di final All England 2024. Pasukan bulu tangkis Merah Putih segera mengakhiri penantian gelar juara tunggal putra selama 30 tahun di turnamen tersebut, menyusul terciptanya all Indonesian final antara Anthony Sinisuka Ginting melawan Jonatan Christie pada Minggu (17/3/2024).

Liputan6.com, Jakarta Indonesia berhasil mengukir sejarah di final All England 2024. Pasukan bulu tangkis Merah Putih segera mengakhiri penantian gelar juara tunggal putra selama 30 tahun di turnamen tersebut, menyusul terciptanya all Indonesian final antara Anthony Sinisuka Ginting melawan Jonatan Christie pada Minggu (17/3/2024).

Sekadar informasi, duo penggawa tunggal putra andalan Merah Putih memang tampil perkasa sejak awal turnamen. Anthony Ginting sempat mengakhiri tren kekalahan 11 kali beruntun dari musuh bebuyutannya sekaligus unggulan pertama asal Denmark, Viktor Axelsen, di perempat final.

Atlet asal Cimahi juga terlibat duel sengit tiga game kontra wakil Prancis Christo Popov pada Sabtu (16/3/2024) sore WIB. Ginting akhirnya menang 19-21, 21-5, dan 21-11 dalam duel empat besar berdurasi 75 menit, yang mengantar dia tembus ke partai puncak tunggal putra.

Sementara itu, Jonatan Christie bermain tak kalah memukau sepanjang keikutsertaannya di ajang All England 2024. Jojo melibas lawan-lawannya, termasuk Lakshya Sen yang sempat tampil gemilang kala menumbangkan jagoan Malaysia Lee Zii Jia di perempat final.

Jonatan Christie butuh waktu 68 menit sebelum berhasil mengunci kemenangan atas pebulu tangkis India. Atlet berusia 26 tahun itu menyusul rekan senegaranya setelah mencetak keunggulan 21-12, 10-21, dan 21-15 atas Sen.

Tak hanya memastikan satu gelar bagi Merah Putih di All England 2024, pencapaian Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie juga menandai kali pertama tunggal putra Indonesia merengkuh podium tertinggi serta menciptakan all Indonesian final di ajang bulu tangkis tertua sejak 30 tahun.

Indonesia terakhir kali menjadi pemilik gelar juara nomor tunggal putra All England di edisi 1994, ketika Hariyanto Arbi dan Ardy B. Wiranata terlibat perang saudara yang berakhir dengan kemenangan 15-12 dan 17-14 untuk Hariyanto Arbi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fajar/Rian Tembus Final Dua Kali Beruntun

Selain di nomor tunggal putra, Indonesia juga masih memiliki satu potensi gelar lain dari sektor ganda putra. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses menembus final All England untuk kedua kalinya secara berturut-turut usai menumbangkan wakil Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Tampil di Utilita Arena Birmingham pada Minggu (17/3/2024) dini hari WIB, Fajar/Rian menang 21-18 dan 21-18 dalam durasi 40 menit saat bersua dengan ganda putra dari negeri sakura.

Capaian itu menghidupkan asa Fajar/Rian untuk mempertahankan gelar juara All England yang mereka rengkuh pada 2023 setelah menghentikan perlawanan seniornya Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di final.

Adapun dalam partai puncak All England 2024, Fajar/Rian sudah ditunggu wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Sejauh ini kedua pasangan sudah 7 kali bertemu di turnamen resmi, dengan 4 kemenangan jadi milik Aaron/Soh, sementara 3 sisanya dikantongi oleh penggawa Indonesia.

3 dari 3 halaman

Jadwal Final All England 2024, Minggu 17 Maret 2024

Pertandingan ke-3: Anthony Sinisuka Ginting vs Jonatan Christie

Pertandingan ke-5: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik

Catatan: pertandingan pertama dimulai pukul 17.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.