Sukses

Timnas Basket Junior Indonesia Bakal Berlatih di Lithuania

Seleksi ketat dilakukan terhadap 100 pebasket muda berbakat yang menghasilkan 15 orang untuk berlatih di Lithuania.

Liputan6.com, Jakarta- 15 pebasket muda Indonesia terpilih untuk menimba ilmu di Lithuania. Mereka lolos melalui seleksi ketat yang melibatkan total 100 pebasket usia 13-18 tahun di GOR CLS Dharmahusada dan GOR CLS Kertajaya pada 3-6 Maret 2024.

Ke-15 pemain ini terbaik ini masuk menjadi bagian dari Tim Nasional Muda Bola Basket Indonesia (Indonesia Patriots). Program seleksi pemain untuk dilatih ke Lithuania ini digelar PP PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) dan Lithuanian Basketball Federation (LTU Basketball).

Untuk mengumpulkan 100 pebasket muda tersebut yang berasal dari seluruh Indonesia, PP PERBASI telah melaksanakan proses scouting sejak 15 Februari 2024 di 11 kota, yaitu: Jakarta, Tangerang, Makassar, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Denpasar, Palembang dan Manado.

Proses scouting ini terbuka untuk pebasket pria Indonesia berusia 13 sampai 18 tahun yang memiliki tinggi badan minimal 180 cm. Seleksi final untuk mendapatkan 15 pemain Indonesia Patriots U-18 yang akan berangkat ke Lithuania, 6 pemain cadangan U-18, dan 5 pemain U-16 yang akan dibina lebih lanjut oleh PP PERBASI dilakukan oleh tim pelatih LTU Basketball yang secara khusus datang ke Indonesia untuk melakukan pemilihan pemain tersebut.

Tim LTU Basketball diwakili oleh Coach Marius Kiltinavicius dan Valdemaras Chomicius, pebasket legendaris merupakan mantan kapten tim bola basket Lithuania yang merebut medali perunggu di Olimpiade Barcelona 1992.

LTU Basketball menyatakan bahwa mereka sangat senang melihat talenta-talenta bola basket yang ada di Indonesia, dan bahwa apa yang mereka temui selama berada di sini jauh melampaui melampaui ekpektasi yang ada sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lithuania Punya Bola Basket yang Maju

“Secara fisik, tinggi badan pemain yang berada di grup ini sangat mencukupi. Dengan waktu dan pengasahan ketrampilan secara tepat, mereka akan dapat menjadi pemain yang signifikan. Secara keseluruhan, kami sangat senang dengan apa yang kami lihat. Dengan pemain-pemain muda yang terpilih ini, kami yakin bahwa Indonesia dapat menjadi tim tangguh yang bermain dengan sangat baik di Asia," ujar Sekertaris Jenderal LTU Basketball, Mindaugas Balciunas.

Adapun program pelatihan Indonesia Patriots di Lithuania ini merupakan buah hasil dari Nota Kesepakatan (Memorandum of Understanding) antara PP PERBASI dengan LTU Basketball yang ditandatangani pada akhir bulan Oktober 2023.

Reputasi Lithuania yang sangat baik secara global dalam bidang olahraga bola basket dan juga penampilan tim Lithuania yang gemilang dalam FIBA World Cup 2024 (di mana negara Honorary Consulate-General of Lithuania Jakarta, Indonesia ini mencapai posisi final ke-6) membuat LTU Basketball dipercaya oleh PERBASI untuk melakukan pelatihan Indonesia Patriots di Lithuania.

“Dengan adanya kerjasama antara PP PERBSI dan LTU Basketball ini, saya yakin bahwa Indonesia akan mendapatkan hasil yang bermanfaat yaitu dengan menimba ilmu pengetahuan dan keunggulan di bidang bola basket yang dimiliki oleh Lithuania. Saya berharap standard tinggi yang diterapkan oleh LTU Basketball dalam pelatihan bola basket di Lithuania dapat menjadi inspirasi bagi pebasket Indonesia untuk dapat meningkatkan ketrampilannya sehingga dapat main lebih baik lagi,” imbuh Deputy Honorary ConsulGeneral Lithuania di Indonesia, Gianita Kadarisman.

3 dari 3 halaman

PERBASI Finalisasi Keberangkatan 15 Atlet ke Lithuania

Saat ini, PP PERBASI sedang melakukan finalisasi atas perencanaan pelatihan di Lithuania ini termasuk mengenai jadwal keberangkatan, durasi program, dan jadwal sekolah Indonesia Patriots.

“Jadi begitu ya, PERBASI sejak awal sudah memikirkan mengenai bagaimana kalian nanti bisa terus sekolah. Harap tunggu undangan selanjutnya. Kami sedang berkoordinasi dengan Kemendikbud, dan akan berbicara dengan kepala sekolah kalian masing-masing,” ucap Ketua Umum PP PERBASI kepada para Indonesia Patriots yang terpilih usai pengumuman di GOR CLS Kertajaya, Surabaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.