Sukses

5 Pemain Asia yang Main di NBA 2023/2024, Ada Keturunan Vietnam

Ada lima pemain Asia atau keturunan yang saat ini mampu bermain di NBA musim 2023/2024. Siapa saja?

Liputan6.com, Jakarta- NBAera saat ini tidak lagi didominasi pemain asli Amerika Serikat. Banyak pemain internasional yang mampu jadi tulang punggung tim di NBA. Tak terkecuali dari Asia meski jumlahnya masih kalah bila dibanding pemain dari benua Eropa maupun Afrika.

Keran pemain Asia di NBA dibuka oleh Wataru Misaka pada tahun 1947. Misaka merupakan pemuda keturunan Jepang yang lahir di Amerika Serikat. Namun salah satu pemain tersukses yang benar-benar membuka mata pemuda Asia untuk berkiprah di NBA adalah Yao Ming.

Yao Ming masuk dalam daftar salah satu center terbaik di NBA. Dia cuma membela Houston Rocket sepanjang kariernya di NBA. Total Yao Ming sembilan musim bersama Rockets. Sayang Yao harus pensiun dini karena cedera.

Kehebatan Yao Ming membuat Rockets memensiunkan nomor punggung 11 miliknya. Yao Ming juga masuk Naismith Basketball Hall of Fame pada 2016 karena dianggap sebagai salah satu pemain terhebat di NBA.

Usai era Yao Ming semakin banyak pemain Asia yang menembus NBA. Di musim 2023/2024 ini ada lima pemain asal atau keturunan Asia yang bermain di NBA. Siapa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jordan Clarkson

Clarkson merupakan pemain keturunan Filipina. Dia saat ini memperkuat Utah Jazz. Tak cuma punya darah Filipina, Clarkson juga sudah memperkuat timnas Gilas di Asian Games 2018.

Pemuda 31 tahun itu merupakan pemain andalan Jazz meski memainkan peran sebagai pemain pengganti. Clarkson pernah meraih NBA Sixth Man of the Year tahun 2021 lalu. Rata-rata Clarkson mencetak 17.5 poin per pertandingan.

Sebelumnya Clarkson pernah memperkuat Los Angeles Lakers yang merupakan klub pertamanya di NBA. Klub NBA lain yang pernah dibelanya adalah Cleveland Cavaliers.

3 dari 6 halaman

2. Jalen Green

Sama seperti Clarkson, Jalen Green juga merupakan pemain keturunan Filipina yang besar di Amerika Serikat. Bedanya Green belum memutuskan apakah akan membela timnas Amerika Serikat atau Filipina.

Green merupakan pemain pilihan kedua di NBA Draft 2021. Saat ini Green menjadi pemain Asia dengan rata-rata poin tertinggi di NBA 2023/2024. Dia membuat 22.1 per pertandingan. Green langganan starter di Rockets.

4 dari 6 halaman

3. Rui Hachimura

Rui Hachimura adalah pebasket nasional Jepang yang saat ini main di Los Angeles Lakers. Pria 26 tahun itu pertama kali menembus NBA pada tahun 2019 ketika dipilih Washington Wizards di NBA Draft 2019.

Hachimura kemudian pindah ke Lakers tahun 2023 lalu. Di Lakers, Hachimura cukup sering bermain dan mampu membantu duet LeBron James-Anthony Davis. Hachimura memiliki rata-rata 12.5 poin per pertandingan di NBA.

5 dari 6 halaman

4. Yuta Watanabe

Pemain asal Jepang lain yang mentas di NBA adalah Yuta Watanabe. Saat ini Yuta memperkuat Memphis Grizzlies sejak awal tahun 2024. Yuta ditrade Phoenix Suns ke Grizzlies karena tak berkembang disana.

Yuta sudah main di NBA sejak 2018. Grizzlies menjadi tim pertamanya. Kemudian dia sempat pindah ke Toronto Raptors dan Brooklyn Nets. Di Nets, Watanabe menjalani musim terbaiknya sehingga kerap mengundang pujian.

6 dari 6 halaman

5. Jaylin Williams

Jaylin Williams menorehkan sejarah sebagai pemain keturunan Vietnam pertama yang mampu main di NBA. Jaylin dipilih Oklahoma City Thunder pada draft 2022 di putaran kedua urutan 24.

Pada musim pertamanya Jaylin cukup sering dimainkan oleh Thunder mengingat Chet Holmgren mengalami cedera. Namun di musim 2023/2024 ini menit bermain Jaylin berkurang drastis seiring sudah sehatnya Chet Holmgren.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.