Sukses

Ambisi Tinggi Jay Idzes untuk Timnas Indonesia: Sesuai Standar Eropa

Jay Idzes mengusung ambisi tinggi usai menjadi WNI. Dia berambisi membantu sepak bola Indonesia naik kelas agar sesuai dengan standar sepak bola di Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - Jay Idzes mengusung ambisi tinggi usai menjadi WNI. Dia berambisi membantu sepak bola Indonesia naik kelas agar sesuai dengan standar sepak bola di Eropa.

Idzes menilai standar sepak bola Indonesia punya potensi untuk naik kelas. Pasalnya kompetisi sepak bola di Tanah Air sejauh ini sudah bagus.

"Indonesia bisa membuat beberapa langkah menuju standar Eropa dan saya harap saya bisa menjadi salah satu bagian dalam mendorong hal tersebut," kata Idzes usai pengambilan sumpah di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Demi mewujudkan itu, Idzes tak sabar untuk bisa segera memperkuat Timnas Indonesia. Meski, dia harus menunggu dan absen pada Piala Asia 2023 karena pendaftaran sudah tutup.

Beroperasi di jantung pertahanan, Idzes akan bersaing dengan Elkan Baggott, Rizky Ridho, Jordi Amat, Fachruddin Aryanto, Wahyu Prasetyo, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama demi mengawal lini belakang timnas. Stok bek Indonesia berpotensi bertambah karena calon pemain naturalisasi lainnya, Nathan Tjoe-A-On, juga mengisi posisi tersebut.

"Yang utama dan terpenting saya harus membaik terlebih dahulu setelah cedera beberapa waktu lalu. Saya harap bisa ikut serta dengan timnas di periode selanjutnya, mungkin bukan di Piala Asia, tetapi setelahnya, apa saja," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jay Idzes Resmi Jadi WNI

Jay Noah Idzes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) menjalani pengambilan sumpah janji setia pewarganegaraan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Pengambilan sumpah kepada salah satu calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia itu dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun yang kemudian diikuti oleh Jay Idzes.

"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya berjanji melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing. Mengakui, tunduk, dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan UUD 1945," kata Jay Idzes dalam acara pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia seperti dikutip dari Antara.

Jay Noah Idzes adalah pesepak bola asal Belanda kelahiran 2 Juni 2000. Pemain yang biasa menempati posisi bek tengah tersebut merupakan keturunan Indonesia dari kakek (ayah dari ibunya) yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Selain Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On pada awalnya juga diundang untuk menjalani upacara sumpah WNI. Namun, pemain berusia 22 tahun tersebut berhalangan hadir karena masih ada urusan dengan klubnya Swansea City.

Proses naturalisasi Jay Idzes menjadi Warga Negara Indonesia berlangsung singkat. Pada awal Desember 2023, Komisi III dan X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui pengajuan naturalisasi, yang kemudian dilanjutkan dengan persetujuan di Sidang Paripurna DPR.

3 dari 3 halaman

Setelah Jay Idzes, Thom Haye Menyusul

Setelah Jay Idzes mengambil sumpah menjadi WNI, calon pemain tim nasional lainnya Thom Haye mengurus berkas naturalisasi pada hari ini.

"Ada satu lagi pemain, Thom Haye, sore nanti akan mengurus berkas naturalisasi dahulu. Mudah-mudahan lancar," kata anggota Komite Eksekutif PSSI Endri Erawan.

Untuk Maarten Paes, Endri mengatakan pihaknya masih memeriksa terlebih dahulu jika yang bersangkutan memiliki rencana menjadi WNI.

Haye merupakan pemain keturunan Indonesia yang bermain di klub Liga Belanda SC Heerenveen. Sedangkan Paes merupakan pemain keturunan Indonesia yang bermain untuk FC Dallas, Major League Soccer.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengisyaratkan pihaknya akan menaturalisasi dua pemain keturunan Belanda, yaitu Thom Haye dan Maarten Paes, agar dapat memperkuat Timnas Indonesia. 

"Kami juga masih menunggu Thom Haye, dia defensive midfielder, dia juga sepertinya ingin (dinaturalisasi) sama Maarten Paes, kiper utama di FC Dallas, Major League Soccer," ujar Erick pada unggahan Instagram

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.