Sukses

Manchester City Susah Payah Kalahkan Luton Town, Pep Guardiola Ungkap Cara Bangkitkan Semangat Pemain

Manchester City tidak diperkuat Erling Haaland dan sempat tertinggal lawan Luton Town. Namun kata-kata penyemangat Guardiola membuat Man City bangkit di babak kedua.

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester City Pep Guardiola senang pemain akhirnya bisa bungkam kritik usai menang susah payah 2-1 lawan tim papan bawah Luton Town pada pekan ke-16 Liga Inggris, Minggu (10/12/2023). Luton Town sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Elijah Adebayo di menit ke-45+2.

Gol itu seperti menyiratkan tren buruk Man City bakal berlanjut. Namun dua gol dari Bernardo Silva di menit ke-62 dan Jack Grealish (65) langsung menghapus bayang-bayang buruk itu.

Kemenangan ini sekaligus mengakhiri paceklik kemenangan Manchester City di empat pertandingan terakhir. Pada empat laga sebelumnya, Man City hanya bisa imbang 3 kali dan kalah satu kali.

"Pemain tak butuh buktikan diri kepada saya soal apa yang mampu mereka lakukan," kata Pep Guardiola seperti dikutip ESPN.

"Tim ini merupakan kumpulan dari pemain hebat dan punya karakter. Namun karena kompetisi ketat dan tuntutan tinggi, pemain dituntut untuk membuktikan diri lagi," dia menambahkan.

Kemenangan lawan Luton Town ini belum membawa Manchester City beranjak di posisi empat klasemen Liga Inggris. Namun mereka bisa menjauh dari kejaran Tottenham Hotspur yang menang 4-1 lawan Newcastle United.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pemain Buktikan Kritik kepada Manchester City Salah

Guardiola sejak awal tak merasa pemain sudah tak bergairah lagi meraih kemenangan.

"Secara umum, normal saja. "Yah city sudah gak seperti dulu, City sudah habis." Itu bagus. Biarkan pemain buktikan mereka salah," ujar Guardiola.

"Kami ingin bersaing. Saya ingin perubahan, soalnya itu menyenangkan. Saya sudah bilang sebelumnya, kami butuh perubahan."

 

3 dari 5 halaman

Cara Guardiola Motivasi Pemain Man City

 

Pemain Man City memang sempat dikejutkan dengan gol telat Luton Town di babak pertama. Namun Guardiola punya cara bagaimana bangkitkan semangat pemainnya.

"Saya bilang kepada mereka,"Apa haurs kami lakukan? Merasa kasihan dengan diri sendiri? Kami tak perlu merasa seperti itu. Ini sepak bola, semua bisa terjadi," kata Guardiola.

"Sekarang apa yang harus kami lakukan? Mainkan laga? Mengeluh kepada diri sendiri? Striker harus lebih agresif, cetak gol. Ayo lebih baik saat bertahan di menit akhir dan berpikir positif. Kami harus menuntut lebih dari diri sendiri."

 

4 dari 5 halaman

Update Kondisi Erling Haaland

 

Manchester City tak diperkuat Erling Haaland di pertandingan melawan Luton Town. Ini membuat susah Man City dan Guardiola beri update kondisinya.

"Kami belum tahu kapan dia bisa main. Dia ada masalah dengan kakinya, kita tunggu saja," kata Guardiola.

"Hari ke hari, pekan ke pekan. Semoga kami bisa kembali memainkan dia di Piala Dunia Klub."

5 dari 5 halaman

Peringkat Manchester City

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.