Sukses

Petrokimia Gresik Juara Livoli Divisi Utama 2023 Setelah Menanti 18 Tahun

Setelah menunggu 18 tahun, Petrokimia Gresik kembali meraih gelar juara Livoli Divisi Utama 2023. Tim asuhan Pedro Lilipaly itu mengalahkan TNI AU 3-0 (25-21, 25-23, 25-16) dalam laga final.

Liputan6.com, Jakarta - Tim putri Petrokimia Gresik Pupuk Indonesia menjuarai Livoli Divisi Utama 2023. Skuad asuhan Pedro Lilipaly mengalahkan TNI AU 3-0 (25-21, 25-23, 25-16) dalam laga final di GOR Joyoboyo, Kediri, Sabtu (9/12/2023) malam WIB.

Kemenangan Mediol Stiovanny Yoku cs sekaligus membalas dua kekalahan dari TNI AU di dua putaran final four Livoli Divisi Utama. Saat itu, Petrokimia Gresik masing-masing kalah 0-3.

Selain itu, ini adalah gelar juara Livoli kedua yang diraih Petrokimia Gresik setelah 2005 atau 18 tahun silam. Gelar itu semakin lengkap dengan terpilihnya Putri Nur Hidayati Agustin sebagai Pemain Masa Depan dengan menerima piala dan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 5 juta.

Sebagai juara, Petrokimia Gresik berhak memperoleh piala dan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 50 juta. Sementara TNI AU mendapatkan piala dan hadia uang uang pembinaan Rp 30 juta.

Peringkat ketiga Livoli ditempati tim putri TNI AL yang menundukkan Popsivo Polwan 3-1 (25-23, 22-25, 25-20, 25-17) pada laga sebelumnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Petrokimia Tampil Lebih Solid

Penampilan Petrokimia Gresik pada laga final Livoli Divisi Utama 2023 jauh lebih solid dibanding dua pertemuan sebelumnya dengan TNI AU di babak empat besar. Terutama sisi receive (penerimaan bola servis) dan blok yang rapat.

Meski begitu, set pertama berlangsung cukup alot. TNI AU yang punya modal bagus berusaha menekan, tapi anak-anak Petrokimia bisa meredamnya dan mengambil set pembuka dengan skor 25-21.

TNI AU mencoba bangkit pada set kedua, tetapi Petrokimia tidak goyah dan terus menjaga jarak poin dari lawannya. Meski sempat unggul 23-21, para pemain TNI AU justru lengah. Petrokimia bisa membalikkan situasi setelah receive lawannya tidak sempurna. Petro kembali menang 25-23.

Set ketiga menjadi penampilan antiklimak TNI AU. Mereka banyak melakukan kesalahan sendiri dan membuat Petrokimia Gresik memimpin jauh dalam perolehan poin hingga menang mudah 25-16.

Mediol Stiovanny Yoku menjadi motor serangan bagi Petrokimia Gresik dengan menyumbang 14 poin dan Sheilla Bernadetta 11 poin, termasuk enam dari blok. Sedangkan dari kubu TNI AU, Hany Budiarti menjadi pengumpul angka terbanyak dengan 16 poin.

 

3 dari 3 halaman

Kunci Kemenangan Petrokimia

Pelatih Petrokimia Gresik Pedro Lilipaly mengungkapkan kunci kemenangan timnya atas TNI AU. "Kunci kemenangan malam ini, anak-anak bisa bermain lepas," katanya. "Kami juga belajar dari dua kekalahan sebelumnya dengan memperbaiki receive dan blok."

Pedro mengakui anak asuhnya sempat gugup menjelang pertandingan. Tapi, dia terus memberi motivasi agar tetap fokus pada pertandingan dan melupakan kekalahan sebelumnya.

Sementara tim putri TNI AU tampil di bawah performa. "Tim kami tidak bisa bermain maksimal karena banyak pemain yang kondisinya tidak fit dan cedera karena jadwal pertandingan yang padat,” kata manajer tim TNI AU Fristo Linuh yang mengonfirmasi ada 12 orang pemainnya yang sempat dibawa ke rumah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.