Sukses

Indonesia Ingin Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2025, Menpora Segera Adakan Rapat dengan Singapura

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengungkapkan akan segera mengadakan rapat dengan Singapura terkait keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2025.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengungkapkan akan segera mengadakan rapat dengan Singapura. Ini untuk terus menjajaki peluang kerja sama Indonesia dengan Singapura sebagai tuan rumah bersama di Piala Dunia U-20 2025.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan setelah berhasil menggelar Piala Dunia U-17 2023, Indonesia sekarang berkomitmen untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2025, bekerja sama dengan Singapura.  

"Jadi tahap yang dilakukan adalah tanda tangan kerja sama antara PSSI dan FAS (Football Asociation Singapore). Ini sekaligus dilanjutkan ke FIFA. Saat ini dalam penggodokan dari Menpora Singapura dan saya. Kami sedang menunggu dari pihak Singapura," kata Dito mengutip dari Antara.

Menpora Dito menyampaikan bahwa pertemuan bersama dengan perwakilan Singapura dijadwalkan akan diadakan sekitar Minggu mendatang

"Pastinya secara ada kesepakatan resmi antara pemerintah dengan pemerintah biasa kalau bidding ada perjanjian. Nanti baru ikut bidding di FIFA," tuturnya.

Indonesia sukses mengadakan turnamen Piala Dunia U-17 2023 di empat kota, yakni Surabaya, Solo, Jakarta, dan Bandung, dari 10 November hingga 2 Desember yang lalu. Melihat kesuksesan acara tersebut, Indonesia dinilai sudah pantas untuk mencoba turnamen sepak bola tingkat internasional lagi kedepannya.

Pada 4 Desember lalu, Federasi Sepak Bola Singapura secara resmi mengirimkan surat kepada PSSI, menyatakan keinginannya untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia U-20 2025 dan Piala Dunia U-17 dalam periode 2025-2029.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir Sebut Peluang Indonesia Tinggi

Erick Thohir menyatakan peluang Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2025 atau Piala Dunia U-17 dalam rentang waktu 2025-2029 sangat besar. Ini mengingat kesuksesan yang telah dicapai dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023.  

"Terima kasih Indonesia atas semua prestasi kita sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 yang telah mendapat apresiasi dunia. Berkat kesuksesan ini, kesempatan untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2025 dan Piala Dunia U17 2025-2029 terbuka lebar," ucap ketua umum PSSI itu.

"Bismillah kita akan mencoba untuk mencalonkan diri bersama Singapura,” lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Singapura Ingin Mengajak Indonesia Menjadi Tuan Rumah

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) telah secara resmi mengirim surat kepada PSSI, dengan maksud untuk mengundang Indonesia menjadi tuan rumah bersama.  

"Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS) telah menandatangani letter of intent untuk membahas dan mempertimbangkan untuk bersama-sama menjadi tuan rumah edisi mendatang Piala Dunia U-20 atau U-17 dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mulai 2025 dan seterusnya," tulis FA Singapura dalam keterangan resmi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini