Sukses

Dipakai Gelar Piala Dunia U-17 2023, Thomas Doll Ingin Persija Juga Bisa Main di JIS

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll mengaku dirinya ingin anak-anak asuhnya juga mendapat kesempatan tampil di Jakarta International Stadium (JIS) yang baru-baru ini menjadi venue turnamen sepak bola bergengsi dunia.

Sebagaimana diketahui, JIS sebelumnya memang didapuk sebagai satu dari empat lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. Tercatat 16 laga digelar di stadion yang berlokasi di Jakarta Utara itu, dengan rincian 12 laga penyisihan, 2 pertandingan babak 16 besar, serta 2 duel perempat final.

Kondisi tersebut membuat JIS menjadi lapangan paling sibuk sepanjang perhelatan FIFA U-17 World Cup. Pasalnya, ketiga stadion lain yakni Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, dan Stadion Gelora Bung Tomo tak kebagian menggelar pertandingan sebanyak Jakarta International Stadium.

Thomas Doll selaku pelatih Persija Jakarta pun tak menampik ia juga ingin menyaksikan Macan Kemayoran bertarung di stadion semegah JIS saat mengarungi persaingan BRI Liga 1. Hanya saja menurut dia, bukan menjadi kewenangan pelatih dan pemain untuk memilih stadion yang akan digunakan saat belaga.

"Itu bukan keputusan kami (soal main di JIS atau tidak)," ujar Thomas Doll saat ditanyai soal adakah keinginan pihaknya menyaksikan Macan Kemayoran tampil di Jakarta International Stadium.

"Namun, itu sudah menjadi mimpi semua pemain untuk bisa bermain di stadion sebesar itu (JIS). Akan tetapi, keputusan itu bukan ada pada kami. Semoga suatu saat nanti kita bisa bermain di JIS," sambung pelatih asal Jerman dalam konferensi pers jelang laga melawan Persita Tangeran di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (2/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persija Sudah Pernah Tampil di JIS

Sebagai informasi, Persija Jakarta sebenarnya sudah pernah merasakan atmosfer Jakarta International Stadium saat melakoni laga persahabatan tahun lalu.

Skuad Macan Kemayoran berkesempatan menjamu klub Thailand Chonburi dalam rangkaian acara grand launching Jakarta International Stadium pada 27 Juli 2022 silam.

Persija Jakarta yang dihujani dukungan Jakmania kala itu hanya mampu menahan imbang 3-3 pasukan dari negeri gajah putih. Gol Macan Kemayoran sendiri bersumber dari aksi Taufik Hidayat serta brace Riko Simanjuntak.

Setelahnya, JIS tak pernah lagi dipakai untuk menggelar pertandingan Persija Jakarta. Stadion tersebut lantas mengalami renovasi besar, termasuk penggantian rumput, sebelum digunakan menghelat ajang Piala Dunia U-17 2023.

3 dari 4 halaman

Senang Tampil di GBK

Terlepas dari adanya keinginan tampil di JIS, Thomas Doll mengaku ia dan anak-anak asuhnya sudah sangat senang bisa tampil lagi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dalam laga lanjutan BRI Liga 1 melawan Persita.

Menurutnya, venue tersebut memiliki atmosfer luar biasa bagi pemain, meski kapasitasnya tak sebesar Jakarta International Stadium (JIS).

"Kami senang bisa bermain lagi di GBK. Bukannya menjelekkan Stadion Patriot (Bekasi), tetapi kami senang bisa bermain lagi di stadion ini karena memiliki atmosfer yang bagus," ucap Doll kepada awak media.

4 dari 4 halaman

Peta Persaingan di BRI Liga 1 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.