Sukses

Bola Ganjil: Variasi Lawan Sergio Ramos di Pentas Internasional, Ladeni 77 Negara Bersama Spanyol

Sergio Ramos sudah menghadapi 77 negara selama memperkuat Spanyol. Mulai rival-rival familiar yang biasa dihadapi di Eropa, dia juga pernah bertemu negara-negara 'asing' ketika La Furia Roja menggelar laga persahabatan.

Liputan6.com, Jakarta - Jeda internasional kembali hadir pada tengah pekan ini. Pemain-pemain terpilih dari setiap negara bertarung di lapangan hijau dalam usaha mengharumkan tanah kelahiran.

Pada kalender FIFA kali ini, berlangsung kualifikasi dua turnamen utama sepak bola. Mayoritas negara bersaing memperebutkan tiket menuju Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada. Sementara negara-negara Eropa saling sikut untuk tempat di Euro 2024.

Sergio Ramos tidak akan ambil bagian dalam proses ini. Sosok berkebangsaan Spanyol tersebut memutuskan gantung sepatu dari tugas membela negara pada Februari 2023, hampir dua tahun usai terakhir kali memperkuat La Furia Roja.

Ramos pun urung menambah koleksi caps. Dia tercatat bermain di pentas internasional dalam 180 pertandingan, terbanyak sepanjang sejarah Spanyol.

Bek berusia 37 tahun itu mencapai angka tersebut setelah mengikuti 10 turnamen secara beruntun. Rekor tersebut terhenti pada Euro 2020 karena Ramos diterpa cedera bertubi-tubi.

Selain tercatat sebagai pengoleksi caps terbanyak Spanyol, ada statistik unik lain dalam rapor Ramos. Dia ternyata menjadi pemain dengan variasi lawan terbanyak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagai Lawan Sergio Ramos

Guardian mencatat Ramos sudah menghadapi 77 negara selama memperkuat Spanyol. Mulai rival-rival familiar yang biasa dihadapi di Eropa, dia juga pernah bertemu negara-negara 'asing' ketika La Furia Roja menggelar laga persahabatan.

China, Kanada, Pantai Gading, Mesir, Peru, Arab Saudi, Puerto Riko, Haiti, Guinea Khatulistiwa, El Salvador, Irak, Selandia Baru, Amerika Serikat, hingga Tahiti adalah lawan-lawan yang pernah diladeninya.

 

 
3 dari 3 halaman

Belum Cukup Umur di Duel Pertama Lawan Jepang

Ramos sebenarnya bisa menambah jumlah tersebut jika saja masuk skuad Piala Dunia 2022, dengan asumsi hasil turnamen tidak berubah. Jepang akan masuk daftar rivalnya karena Spanyol bertemu The Blue Samurai pada persaingan Grup E.

Bek Sevilla tersebut sebelumnya belum pernah menghadapi Negeri Matahari Terbit. Selain turnamen di Qatar, Spanyol tercatat hanya sekali bertemu Jepang di pentas internasional.

Momen itu hadir pada partai uji coba di Cordoba, April 2001. Ketika itu Ramos baru berusia 14 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini