Sukses

Mendukung Bakat Atlet Muda, Dash Sports Gelar Lomba Renang Bertajuk Jakarta Short Course

Murid legenda renang Australia, Michael Klim bakal ikut ambil bagian.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk kali pertama, Dash Sports menyelenggarakan kompetisi renang Jakarta Short Course yang diselenggarakan pada tanggal 19-21 Oktober 2023 di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Senayan. Kompetisi renang Short Course ini diikuti oleh lebih dari 300 perenang muda dari 34 klub renang di seluruh Indonesia. 

Berbicara dengan Liputan6.com dan media lainnya dalam konferensi pers di Kantor Dash Sports pada Kamis (19/10/2023), Sports Coordinator Dash Sports, Yori Hehanussa mengungkapkan bahwa shortcourse ini menjadi yang bersejarah di Indonesia.

“Ini adalah gelaran kejuaraan short course pertama kali yang secara resmi didukung oleh Akuatik Indonesia DKI Jakarta," ucapnya.

Lomba renang short course yang diadakan oleh Dash Sports memiliki perbedaan dengan lomba renang biasa. Kolam renang yang umumnya memiliki panjang 50 meter dikurangi menjadi hanya 25 meter, dan peserta lomba dibagi menjadi kelompok berdasarkan rentang usia mereka, mulai dari 11 hingga 18 tahun.

Dalam lomba ini, nomor yang dipertandingkan meliputi gaya bebas dengan jarak renang antara 50 hingga 800 meter, serta gaya punggung dan gaya dada dengan jarak antara 50 hingga 200 meter.

Lomba ini diikuti oleh lebih dari 300 perenang anak dari 34 klub renang. Mereka tidak hanya datang dari wilayah Jabodetabek, tetapi juga dari berbagai kota di Sumatera, Jawa, Lampung, Kalimantan Selatan, dan Bali. 

“Walaupun ini event pertama kali, kami di Dash Sports sangat senang melihat antusiasme positif dari peserta yang datang dari 9 kota atau daerah, bahkan yang cukup jauh seperti Kalimantan Selatan dan Riau," tutur Yori.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dihadiri Mantan Peraih Emas Olimpiade Michael Klim

Dash Sports mengumumkan bahwa Michael Klim, mantan juara Olimpiade berkebangsaan Polandia yang pernah meraih medali emas, akan hadir menjadi salah satu tamu istimewa dalam acara kompetisi renang Short Course tersebut. 

"Sejumlah perenang profesional juga turut serta, dan bahkan seorang atlet renang Australia kelahiran Polandia yang seorang juara dunia dan olimpiade bernama Michael Klim mengabarkan dirinya akan hadir di ajang ini untuk mendampingi murid-murid renang dari klub renang miliknya yang saat ini dia kelola di Bali,” tutur Yori.

Michael Klim mencapai status legendaris dalam dunia renang setelah mencetak prestasi gemilang dengan meraih dua medali emas pada Olimpiade Sydney 2000.

Prestasinya di lomba 100 meter gaya kupu-kupu dan dalam estafet gaya bebas 4x100 meter mengukuhkan posisinya sebagai salah satu perenang paling cemerlang dari Australia dan tokoh terkemuka dalam sejarah Olimpiade. 

3 dari 3 halaman

Juga Gelar Lomba Basket

Tak hanya gelar lomba renang, di lokasi yang berbeda Dash Sports bersama PERBASI gelar lomba basket bertajuk Dash Basketball Tournament. Acara ini melibatkan ratusan atlet muda dari lebih dari 60 klub di wilayah Jabodetabek, dengan lokasi penyelenggaraannya di Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan.

CEO Dash Sports, Alit Aryaguna menyampaikan, “Dash Sports mempelopori sekaligus 2 kejuaraan olahraga bergengsi sekaligus di bulan Oktober ini; Jakarta Short Course dan My Pertamina Dash Basketball Tournament," ucapnya.

"Olahraga renang dan bola basket tidak hanya menjadi salah satu dari olahraga bergengsi yang cukup populer di masyarakat, namun belakangan ini menjadi sorotan atas sejumlah prestasi nasional dan internasional yang berhasil diraih oleh para atletnya,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini