Sukses

Gilas Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin Tae-yong Puji Finishing Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memuji finishing striker Skuad Garuda pasca kemenangan besar atas Brunei Darussalam dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (12/10/2023) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memuji finishing striker Skuad Garuda pasca kemenangan besar atas Brunei Darussalam dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (12/10/2023) malam WIB.

Seperti diketahui, Indonesia baru saja memetik kemenangan 6-0 atas anak-anak asuh Mario Rivera, dengan 5 gol di antaranya bersumber dari aksi striker.

Adapun Dimas Drajad berperan mencetak hattrick ke gawang tim tamu. Ramadhan Sananta sukses menyumbang brace, sementara satu gol sisanya merupakan hasil kinerja bek Rizky Ridho.

Shin Tae-yong yang sejak awal menargetkan Timnas Indonesia berpesta gol di laga kontra Brunei Darussalam pun langsung melontarkan apresiasi atas kinerja strikernya.

Juru taktik asal Korea Selatan menilai pemain depan Skuad Garuda berhasil menunjukkan kemampuan finishing-nya lewat pertandingan kali ini.

"Seperti apa yang kita lihat, memang striker yang cetak 5 gol," ujar pelatih Timnas Indonesia selepas pertandingan melawan Brunei di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis (12/10/2023) malam WIB.

"Jadi ya mungkin ini menunjukkan bahwa striker sangat baik dalam kemampuan finishing-nya," sambung pelatih yang pernah menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

STY Ingin Main Agresif di Kandang Brunei

Kendati sudah memetik kemenangan besar atas Brunei Darussalam di leg pertama, Shin Tae-yong mengeklaim Timnas Indonesia tak bakal mengendurkan perlawanan saat bertandang ke negeri petro dollar.

Juru taktik berusia 52 tahun berkomitmen bakal tetap tampil menyerang dan fokus melakukan pressing di depan saat melakoni duel kedua melawan Brunei Darussalam di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Bandar Sri Begawan, Selasa (17/10/2023) mendatang.

"Ketika kita datang ke Brunei pun kita tidak akan fokus bertahan, tetapi fokus menyerang. Walaupun sudah cetak 6 gol, kita akan tetap berusaha untuk pressing di depan," tegas Shin Tae-yong kepada awak media.

3 dari 4 halaman

Dimas Drajad Bersyukur Cetak Hattrick

Di sisi lain, striker Timnas Indonesia Dimas Drajad mengaku bersyukur dirinya mampu mencetak hattrick di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Brunei Darussalam. Ia pun berkomitmen menjaga kekompakan tim saat melakoni pertandingan kedua di kandang lawan.

"Alhamdlillah bisa menang, dan saya bersyukur cetak hattrick," ujar Dimas Drajad dalam konferensi pers pasca pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (12/10/2023) malam WIB.

"Yang terpenting, bukan saya cetak hattrick, tetapi kami bisa menjalankan instruksi dari Coach Shin. Kita sebagai tim harus kompak dan harus bisa tampil bagus lagi di leg kedua," tandasnya kepada awak media.

4 dari 4 halaman

STY Sesalkan Timnas Indonesia Sempat Buntu di Babak 1

Sementara itu, Shin Tae-Yong menyayangkan Skuad Garuda yang sempat buntu di pertengahan hingga akhir babak pertama, sehingga membuat Dimas Drajad dan kawan-kawan kesulitan menambah keunggulan 2-0 sampai turun minum.

"Untuk isi pertandingan, saya tidak begitu senang. Harusnya permainan kami bisa lebih baik. Setelah gol kedua, sangat lama sampai terjadi gol ketiga. Itu yang harus kita evaluasi," ungkap Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca pertandingan di SUGBK, Kamis (12/10/2023) malam WIB.

Kendati begitu, eks pelatih Timnas Korea Selatan tetap memberi apresiasi bagi anak-anak asuhnya yang mampu bangkit di babak kedua. Ia pun berterima kasih kepada Asnawi Mangkualam dan kolega lantaran berhasil mewujudkan ambisi berpesta gol di kandang sendiri.

"Untungnya di babak kedua, para pemain kembali bekerja keras lagi, dan akhirnya (pertandingan berujung) baik. Jadi saya tetap mengucapkan terima kasih kepada para pemain," kata Shin Tae-yong menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.