Sukses

Prediksi Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Ambisi Shin Tae-yong Cetak Banyak Gol

Timnas Indonesia bakal menghadapi Brunei Darussalam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. Duel yang dihelat dalam dua leg ini akan lebih dulu digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/10/2023), pukul 19.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal menghadapi Brunei Darussalam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. Duel yang dihelat dalam dua leg ini akan lebih dulu digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/10/2023), pukul 19.00 WIB.

Sebanyak 26 nama terbaik dari tim lokal maupun abroad sebelumnya telah dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong untuk menjadi tumpuan amunisi bagi Skuad Garuda. Pemusatan latihan alias TC pun sudah dilaksanakan di Jakarta sejak Senin (9/10/2023) siang lalu.

Juru taktik Timnas Indonesia sendiri juga menetapkan target bagi anak-anak asuhnya dalam pertandingan yang dihelat di kandang. Tak cuma memetik kemenangan, Shin Tae-yong berharap pasukan Merah Putih mampu mencetak gol sebanyak mungkin ke gawang Brunei Darussalam.

"Ini kita (pertandingan) home, jadi bagaimana pun caranya kita akan maksimalkan cetak gol. Dengan begitu, saya bersama tim bisa berangkat ke Brunei (untuk leg kedua) dengan serileks mungkin," ucap pelatih usai memimpin sesi latihan Timnas Indonesia di Lapangan A GBK, Senayan, Senin (9/10/2023).

Ambisi Shin Tae-yong sebenarnya bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan. Malahan, Timnas Indonesia cukup dijagokan menang besar atas Brunei Darussalam jika berkaca pada catatan pertemuan terakhir antara kedua tim.

Skuad Garuda sebelumnya sudah 11 kali berhadapan dengan pasukan negeri petrol dollar di panggung internasional. Dari total pertemuan tersebut, sebanyak 7 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 2 kekalahan dipetik oleh pasukan Merah Putih.

Adapun di pertandingan teranyar, Timnas Indonesia berpesta gol dengan mencatatkan skor telak 7-0 atas Brunei Darussalam. Duel itu tersaji kala kedua negara berkompetisi di gelaran Piala AFF 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kondisi Skuad Jelang Timnas Indoneia vs Brunei Darussalam

Meski punya bekal amunisi dan suntikan kepercayaan diri cukup baik, Timnas Indonesia tetap punya tantangan jelang menghadapi Brunei Darussalam. Pasukan Garuda dipastikan tak bakal menurunkan Marselino Ferdinan dan Rafael Struick dalam pertandingan leg pertama.

Pelatih Timnas Indonesia menjelaskan duo pemain muda memang tengah menjalani pemulihan usai dilanda cedera. Oleh karenanya, Shin Tae-yong ogah memaksakan kehadiran mereka, tetapi membuka kemungkinan akan potensi tampilnya Marselino dan Rafael di leg kedua.

"Memang pastinya starting line-up besok Marselino dan Rafael Struick tidak akan masuk, apalagi Rafael. (Mereka) akan keluar dari daftar nama 23 pemain (DSP)," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers pra pertandingan di SUGBK, Rabu (11/10/2023).

"Sejak awal mereka ada cedera, sekarang sebenarnya sudah hampir sembuh dari cedera, tetapi saya tidak akan paksa karena target kita sejak awal (di kualifikasi) November," tambahnya.

Di luar absennya kedua nama tersebut, pelatih asal Korea Selatan menegaskan dirinya tak bakal melakukan rotasi pada komposisi Skuad Garuda di laga perdana melawan Brunei Darussalam. Ia kemungkinan bakal memakai nama-nama yang tampil menjanjikan di Kualifikasi Piala Asia U-23 beberapa waktu lalu.

"Besok tidak ada rotasi (di starting line-up), dan saya sudah mempersiapkan semuanya agar bisa cetak gol sebanyak mungkin di kandang kita," tandas Shin Tae-yong kepada awak media.

3 dari 5 halaman

Tantangan Lain Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

Tak cuma kondisi sejumlah pemain, pelatih Timnas Indonesia mengungkap masih ada satu tantangan berat lainnya bagi pasukan Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Brunei Darussalam.

Menurut STY, tuntutan untuk bermain tidak lengah, fokus, dan pantang meremehkan lawan bakal menjadi salah satu aspek yang wajib dijaga tim Merah Putih jika ingin mewujudkan ambisi menang besar di kandang sendiri.

"Memang lawan yang paling berat bagi kita besok itu lengah. Jadi yang terpenting kita tidak lengah dan bekerja keras di dalam lapangan saat melawan Brunei, maka pastinya kita bisa menunjukkan yang terbaik," ujar STY pada Rabu (11/12/2023).

4 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

Timnas Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Sandy Walsh, Rizky Ridho, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Pratama Arhan; Egy Maulana Vikri, Ramadhan Sananta, Dendy Sulistyawan.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Brunei Darussalam (4-4-2): Haimie Abdullah; Najib Tarif, Fakharrazi Hassan, Afi Aminuddin, Yura Indera Putera; Azwan Ali Rahman, Hendra Azam Idris, Khairil Shahme Susaimi, Hakeme Yazid Said; Haziq Kasyful, Adi Said.

Pelatih: Mario Rivera

5 dari 5 halaman

Head-to-head Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

22 November 1977: Indonesia 4-0 Brunei Darussalam (SEA Games) 

2 Juni 1983: Indonesia 1-1 Brunei Darussalam (SEA Games) 

5 Desember 1983: Indonesia 0-1 Brunei Darussalam (Merlion Cup) 

11 Desember 1985: Brunei Darussalam 1-1 Indonesia (SEA Games) 

15 September 1987: Indonesia 2-0 Brunei Darussalam (SEA Games) 

21 Agustus 1989: Indonesia 6-0 Brunei Darussalam (SEA Games)

4 Maret 1990 : Brunei Darussalam 1-0 Indonesia (Merdeka Games)

12 Maret 1990 : Brunei Darussalam 0-3 Indonesia (Merdeka Games)

9 Agustus 1999: Brunei Darussalam 0-3 Indonesia (SEA Games)

26 September 2012: Brunei Darussalam 0-5 Indonesia (Uji Coba)

26 Desember 2022: Brunei Darussalam 0-7 Indonesia (Piala AFF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.