Sukses

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Presiden Jokowi Bakal Tonton Langsung Duel Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

Presiden Joko Widodo dipastikan bakal menonton langsung pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 yang mempertemukan Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (12/10/2023) pukul 19.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo dipastikan bakal menonton langsung pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 yang mempertemukan Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (12/10/2023) pukul 19.00 WIB.

Hal ini sebagai dikonfirmasi oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat memantau sesi latihan Timnas Indonesia pada Rabu (11/12/2023). Adapun Jokowi disebut bakal menempati tribun timur demi mendekatkan diri dengan suporter Skuad Garuda.

"Alhamdulillah Pak Presiden sudah menginformasikan langsung beliau akan hadir menonton tim nasional, karena kalau sepak bola, (bagi) Pak Presiden ini memang sepertinya tontonan nomor satu," ujar Erick Thohir kepada awak media.

"Beliau akan duduk seperti biasa di tribun itu (timur). Beliau ingin dekat dengan masyarakat sepak bola dan mudah-mudahan tim kita bisa bermain dengan maksimal besok," sambung sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia dijadwalkan melakoni dua pertandingan melawan Brunei Darussalam. Indonesia kebagian menjadi tuan rumah di leg pertama, sementara leg kedua bakal dihelat di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Brunei, pada Selasa (17/10/2023) mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Diminta Tak Pandang Brunei Sebelah Mata

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI berharap Timnas Indonesia tak memandang sebelah mata Brunei Darussalam yang menjadi calon lawannya di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Kamis (12/10/2023) dan Selasa (17/10/2023).

Meski unggul dari segi rekor pertemuan, Skuad Garuda diminta tetap menjaga fokus demi meningkakan prospek lolos ke kualifikasi selanjutnya hingga tembus ke ajang sepak bola terakbar dunia.

"Saya selalu menekankan ini kualifikasi, jadi tidak boleh menganggap remeh. Semua negara pasti ingin bermain yang terbaik. Insyaallah lolos, kita masuk ke grup selanjutnya. Nah di situ nanti ada pertandingan bulan November, Maret, sama Juni. Itu kita fokus dulu, kalau lolos lagi ya baru kita senyum dikit," bunyi pesan Erick Thohir untuk TImnas Indonesia

"Memang probabilitas 48 negara (peserta piala Dunia) mestinya juga menguntungkan Asia, yang tadinya (perwakilannya) sangat sedikit, sekarang jadi 8,5. Kita coba maksimal, karena itu saya hadir malam ini, ingin memastikan para pemain tidak sebelah mata melihat Brunei," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Shin Tae-yong Ingin Pemain Tidak Lengah

Selaras dengan pesan Erick Thohir, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong juga meminta anak-anak asuhnya tidak lengah saat meladeni Brunei. Skuad Garuda diharapkan tetap tampil maksimal dan bekerja keras, meski unggul di atas kertas ketimbang calon lawannya.

"Besok kita melawan Brunei Darussalam, memang lawan yang paling berat bagi kita besok itu lengah," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers pra pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (11/10/2023).

"Jadi yang terpenting kita tidak lengah dan bekerja keras di dalam lapangan saat melawan Brunei, maka pastinya kita bisa menunjukkan yang terbaik," tutup dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.