Sukses

Incar Banyak Gol, Shin Tae-yong Dibikin Tertawa oleh Analisis Kocak Pemain Brunei Darussalam

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tertawa menanggapi komentar pemain Brunei Darussalam Hendra Azam Idris yang menyebut Skuad Garuda bakal menyerang habis-habisan serta menurunkan formasi 1-1-8 saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tertawa menanggapi komentar pemain Brunei Darussalam Hendra Azam Idris yang menyebut Skuad Garuda bakal menyerang habis-habisan serta menurunkan formasi 1-1-8 saat melakoni pertandingan.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia memang bakal segera menjamu pasukan dari negeri perto dollar dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (12/10/2023).

Skuad Garuda cukup dijagokan tampil maksimal dalam duel kali ini, mengingat Asnawi Mangkualam akan bermain di kandang sendiri serta memiliki track record apik kala berhadapan dengan Brunei Darussalam. Belum lagi, Timnas Indonesia punya catatan menang telak 7-0 di ajang Piala AFF pada 2022.

Mohammad Hendra Azam Idris yang hadir dalam konferensi pers pra pertandingan pun mau tak mau memprediksi timnya bakal kembali mendapat gempuran habis-habisan saat bersua dengan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ia bahkan bergurau Shin Tae-yong bakal menurunkan formasi 1-1-8 demi memastikan anak-anak asuhnya dapat menembus lini pertahanan Brunei dan mencetak gol sebanyak-banyaknya.

"Kami sudah tahu Indonesia pasti akan menyerang habis-habisan, mungkin mereka akan menurunkan formasi 1-1-8. Jadi kami harus lebih padat di bawah," ujar Hendra Azam Idris sehari jelang pertandingan melawan Timnas Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Shin Tae-yong Respons dengan Tawa

Shin Tae-yong yang baru mendengar komentar tersebut beberapa saat setelahnya langsung merespons dengan tawa pernyataan pemain Brunei Darussalam.

Juru taktik asal Korea Selatan menegaskan hal itu cuma candaan dan tak mungkin dirinya bakal memainkan formasi seperti yang disebut Hendra Azam Idris kepada awak media.

Kendati demikian, Shin Tae-yong juga tak menutup peluang anak-anak asuhnya bakal tampil menyerang kala menjamu Brunei. Pasalnya, pelatih berusia 52 tahun sejak awal memang berambisi mencetak banyak gol, terutama saat main di kandang sendiri dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Saya merasa pemain Brunei Darussalam bercanda ya soal itu," ujar Shin Tae-yong saat dimintai tanggapan soal pernyataan Hendra Azam Idris dalam konferensi pra pertandingan pada Rabu (11/10/2023).

"Memang akan ada banyak tukar posisi di dalam lapangan, bisa ada pemain yang beroperasi di luar posisinya karena kita akan berusaha mencetak gol banyak, tapi pastinya tidak akan ada formasi 1-1-8, itu adalah murni candaan pemain," tambah dia.

3 dari 3 halaman

Shin Tae-yong Minta Pemain Tidak Lengah

Terlepas dari komentar pemain Brunei Darussalam, Shin Tae-yong meminta anak-anak asuhnya untuk tidak lengah saat melakoni duel Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan diharapkan dapat tetap tampil dengan bekerja keras, meski unggul di atas kertas ketimbang calon lawannya.

"Besok kita melawan Brunei Darussalam, memang lawan yang paling berat bagi kita besok itu lengah," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers pra pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (11/10/2023).

"Jadi yang terpenting kita tidak lengah dan bekerja keras di dalam lapangan saat melawan Brunei, maka pastinya kita bisa menunjukkan yang terbaik," tandas juru taktik asal Korea Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.