Sukses

Dihantui Jet Lag Setelah 22 Jam Penerbangan, Shayne Pattynama Tetap Siap Bela Timnas Indonesia Melawan Brunei Darussalam

Shayne Pattynama mengaku dirinya senang bisa kembali memperkuat Timnas Indonesia meski harus menghabiskan waktu 22 jam untuk menempuh perjalanan dari Norwegia menuju Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Shayne Pattynama mengaku dirinya senang bisa kembali memperkuat Timnas Indonesia meski harus menghabiskan waktu 22 jam untuk menempuh perjalanan dari Norwegia menuju Jakarta.

Seperti diketahui, pesepak bola berusia 25 tahun memang menjadi salah satu penggawa yang dipanggil Shin Tae-yong untuk menjadi amunisi Skuad Garuda dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Brunei Darussalam.

Ia bersama 25 pemain Timnas Indonesia lainnya sudah diminta untuk berkumpul dalam pemusatan latihan yang digelar Jakarta mulai Senin (9/1/2023) lalu.

Sayangnya, Shayne Pattynama yang memiliki jadwal cukup padat bersama klub sempat menemui kendala sesaat sebelum bergabung dengan rekan-rekannya di Skuad Garuda.

Pemain kelahiran 1998 itu kelelahan lantaran harus lebih dulu menguras tenaganya untuk membela Viking FK dalam pertandingan melawan Odds BK di Liga Utama Norwegia pada Sabtu (7/10/2023) lalu.

Shayne juga cuma sempat memperoleh sedikit waktu istirahat di Oslo usai melakoni laga sebab ia harus bangun lebih pagi demi mengambil penerbangan menuju Indonesia pada Minggu (8/10/2023), yang memakan waktu kurang lebih 22 jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondisi Shayne Pattynama Kurang Ideal

Kondisi itu pun diakui kurang ideal oleh Shayne Pattynama. Pasalnya, selain bergulat dengan minimnya waktu recovery hingga pertandingan pertama pada Kamis (12/10/2023), sang pemain juga masih harus menyesuaikan diri dengan cuaca serta potensi jet lag sejak tiba di Indonesia.

"Saya akan berangkat (ke Indonesia). Sekarang saya akan pergi ke Oslo, menginap di hotel, tidur di sana, dan terbang besok pagi sekitar pukul 9 ke Jakarta selama 22 jam," kata ujar Shayne di saluran YouTube Vikingpodden sebelum keberangkatannya menuju Tanah Air.

"Tentu saja (kondisi) itu tidak akan ideal karena saya akan terlambat sampai di hotel, saya akan bangun lebih awal dan tidak bisa tidur nyenyak setelah pertandingan."

"Kemudian (saya juga harus) terbang, (mengalami) jet lag, dan segala sesuatunya itu akan cukup sulit. Akan tetapi itu, adalah sesuatu yang harus saya hadapi. Saya tidak bisa berbuat apa-apa selain menghadap hal ini dan harus siap untuk berada di sana," katanya.

3 dari 4 halaman

Senang Kembali ke Timnas Indonesia

Terlepas dari kekhawatiran soal kondisinya jelang bertolak ke Indonesia, Shayne Pattynama rupanya mengaku senang bisa kembali menemui rekan-rekannya di Skuad Garuda.

Ia bahkan sudah langsung berlatih dengan tim racikan Shin Tae-yong, sebagaimana yang dibagikan dalam akun Instagram resmi Timnas Indonesia belum lama ini.

"Senang bisa kembali ke tim," ungkap Shayne Pattynama sembari menyertakan foto latihannya melalui fitur story di Instagram pribadi sang pemain pada Selasa (10/10/2023).

Adapun laga kualifikasi Piala Dunia 2026 bakal menandai kali kedua Shayne Pattynama dipanggil ke Timnas Indonesia. Sebelumnya, pemain Viking FK itu sudah mengantongi satu caps dengan Skuad Garuda, yakni saat takluk 0-2 dari sang juara Piala Dunia 2022 Argentina di FIFA Matchday Juni lalu.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kamis, 12 Oktober 2023

19.00 WIB: Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

Stadion Utama Gelora Bung Karno

 

Selasa, 17 Oktober 2023

19.15 WIB: Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia

Stadion Sultan Hassanal Bolkiah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.