Sukses

DKI Jakarta Juara Umum Kejurnas Judo Piala Kasad 2023

DKI Jakarta meraih total 14 emas, 12 perak, dan 9 perunggu di Kejurnas Judo Piala Kasad 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Tim Judo DKI Jakarta berhasil meraih gelar juara umum pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Piala KASAD XIV/2023 yang berlangsung di Hall Basket Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, dari 7 sampai 10 Oktober 2023. DKI Jakarta merebut total 14 emas, 12 perak, dan 9 perunggu.

Dengan keberhasilan ini, Tim Judo DKI Jakarta mendapat Piala KASAD dan mengantongi hadiah uang pembinaan senilai Rp 30 juta. Posisi runner-up ditempati Tim Judo Banten yang berhak atas hadiah uang pembinaan senilai Rp 15 juta dengan mengoleksi 8 emas, 2 perak dan 7 perunggu. Dan, Tim Judo Jawa Barat menempati peringkat ketiga dengan hadiah uang pembinaan senilai Rp 10 juta dengan mengantongi 7 emas, 9 perak dan 16 perunggu.

Di kelompok TNI-Polri, Kodam 5 Brawijaya merebut gelar juara umum dengan mengoleksi 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Posisi kedua ditempati Kodam III Siliwangi yang mengoleksi 1 emas, 1 perak, dan Polda Lampung yang mengantongi 1 emas dan 2 perunggu menempati posisi ketiga.

Kejuaraan yang melibatkan 663 atlet dari 24 Pengprov PJSI termasuk TNI-Polri ini ditutup secara resmi oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto. Sebelum acara penutupan, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) Letjen TNI Maruli Simanjuntak menyerahkan Dan Kehormatan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) yang baru Marsekal Muda TNI Kusworo.

Usai menyerahkan DAN Kehormatan, Maruli Simanjuntak bersama Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Kepala Basarnas Kusworo melakukan demontrasi judo yang disaksikan sekitar 2.000 penonton. Ketiganya unjuk kebolehan dalam membanting lawan-lawannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Modal ke PON 2024

Di hari terakhir yang memperebutkan 6 medali emas di kelompok senior, tiga pejudo Jawa Barat yang tampil di final merebut medali emas setelah mengalahkan lawan-lawannya. Yakni, Muhammad Rizky Maulana (kelas-55kg), Muh Fathur Rohman (kelas -60kg), dan Dewa Kadek Rama Warna (kelas 66kg putra).

“Saya senang bisa meraih medali emas karena lawan-lawan yang saya hadapi cukup berat. Posisi ini akan saya pertahankan di PON 2024 Aceh-Sumut nanti,” kata Muhammad Rizky Maulana.

“Di final tadi, kita hanya mentargetkan 1 medali emas. Tetapi, kita memberikan apresiasi kepada ketiga atlet judo Jabar yang tampil final bisa menjadi yang terbaik,” timpal Pelatih Kepala Tim Judo Jawa Barat, Arnold Silalahi.

3 dari 3 halaman

Kejutan Papua Barat Daya

Yang menarik, Tim Judo Papua Barat Daya yang merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB) dengan kekuatan tiga pejudo yakni Fransiscus Atapuhun (kelas 60kgputra), Gloria Sisilia Stevanie Maylor (+78kg putri), Moses Manuputty (kelas -100kg putra) mampu menunjukkan eksistensinya. Moses Manuputti merebut medali emas dan Gloria Sisilia menyumbangkan medali perunggu.

“Papua Barat Daya itu Daerah Otonomi Baru (DOB) tapi sudah bisa menunjukkan eksistensinya dengan merebut 1 emas dan 1 perunggu serta meloloskan tiga atlet ke PON 2024 Aceh-Sumut,” kata Pelatih Tim Judo Papua Barat Daya, Jonadad Watimena Suruan.

Menurut Jonadad, keberhasilan Tim Judo Papua Barat Daya di Piala KASAD XIV/2023, kata Jonadad, tidak terlepas dari dukungan Pj Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa'ad yang juga Ketua KONI Papua Barat Daya dan mantan karateka nasional, Abubakar Gusti yang menjabat Ketua Harian KONI Papua Barat Daya serta Ketua Pengprov PJSI Papua Barat Daya, Brigjen TNI JL Toruan yang menjabat sebagai Danrem 181 Praja Viratama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.