Sukses

Kejurnas Kasad Cup 2023 Diharapkan Lahirkan Pejudo Tangguh Berprestasi Dunia

Kasad Cup 2023 merupakan kejurnas judo yang diharapkan bisa melahirkan atlet tangguh yang mengharumkan nama Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 636 atlet judo dari tingkat junior hingga senior bertarung dalam ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Kasad Cup XIV 2023, di Hall Basket Senayan, Jakarta. Event ini dilangsungkan sejak Sabtu (7/10/2023) lalu dan berakhir pada Selasa (10/10/2023).

Turnamen yang mengangkat tema 'Judo Bangkit, Prestasi Olahraga Maju' ini juga dalam rangka HUT 78 TNI. Kejurnas Piala Kasad ini sekaligus menjadi ajang penggodokan bagi para pejudo agar mampu berprestasi di tingkat internasional

“Harapan kami, dapat melahirkan atlet Judo yang handal mampu berkiprah di event yang tinggi, serta membuat harum nama bangsa dan negara,” ungkap Ketua Panitia Penyelenggara Kejurnas Judo Piala Kasad 2023, Kolonel Albert Simanjuntak, Selasa (9/10).

Turnamen terbagi dua kategori putra-putri. Khusus Putra, ada kelas 50-55 kilogram, 60-65 kilogram, 73-81 kilogram, dan 90 kilogram. Sedangkan ketegori putri, ada kelas 40-44 kilogram, 48-52 kilogram, 51-53 kilogram, dan terakhir kelas 70 kilogram.

"Mereka terbagi dari tingkat kadet (12-14 tahun), junior (16-19 tahun) senior dan TNI/Polri," ujar perwira TNI berpangkat melati tiga itu.

Albert menjelaskan total ada 663 atlet Judo dari usia dini hingga senior dari penjuru provinsi yang ikut bertanding. Mereka terdiri dari peserta umum, anggota kesatuan TNI/Polri, hingga perwakilan dari pelatnas judo dan PJSI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peserta Umum Tembus 447 Orang

Dari 663 peserta ini, terbagi atas 447 kelompok umum dan 216 TNI-Polri dari 60 kesatuan. "Untuk (ketegori) TNI/Polri untuk pembinaan prajurit kami, sekaligus memperkuat sinergitas antar anggota," imbuh Albert.

Kejurnas Judo Kasad Cup 2023 ini sekaligus menjadi ajang seleksi pejudo berprestasi mengikuti program pelatnas, serta persiapan menghadapi turnamen baik di tingkat nasional maupun internasional.

Tak hanya itu, melalui Kejurnas ini para pejudo tingkat provinsi dapat mengumpulkan nilai atau poin guna persiapan menuju PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Turnamen yang digagas Ketum PB Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Letjen Maruli Simanjuntak itu sendiri dibuka langsung Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

3 dari 3 halaman

Prestasi Judo ke Ajang Internasional

Jenderal bintang empat itu berharap Kejurnas kali ini dapat menjadi arena penggodokan agar prestasi olahraga judo Indonesia semakin berkibar di ajang internasional.

"Sekaligus menjadi ajang pembinaan yang berkesinambungan dan dapat menjadi tolak ukur pembinaan olahraga judo di tanah air,” kata jenderal bintang empat itu, saat pembukaan Kejurnas Judo akhir pekan lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.