Sukses

Follow Coach Shin Tae-Yong, Bintang Diaspora Timnas Indonesia U-17 Welber Jardim Bidik Tim Senior?

Bek diaspora di Timnas Indonesia U-17 Welber Jardim menjadi sorotan netizen karena aksinya dengan Sao Paulo. Dia diharapkan bisa tembus Timnas Indonesia senior kelak.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-17 cukup selektif dalam memilih diaspora yang akan gabung dalam skuad dan main di Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Indonesia. Satu dari sedikit pemain yang terpilih yaitu Welber Jardim.

Welber Jardim merupakan pemain diaspora Timnas Indonesia U-17 yang main di klub Sao Paulo, Brasil. Pemain yang bisa main sebagai full back dan winger ini diharapkan bisa angkat prestasi Timnas Indonesia U-17 di masa mendatang.

Ada fenomena menarik dari kegiatan Welber Jardim di media sosial. Di akun instagram miliknya, Welber Jardim diketahui follow coach Shin Tae-Yong, tapi dia malah tidak follow akun pelatih Timnas U-17 Bima Sakti.

Hal ini pun jadi sorotan netizen. Namun fans Timnas Indonesia berharap ini menjadi kode kalau Welber Jardim menatap pintu di Timnas Indonesia senior.

"Si Welber malah follow coach shin bukan coach bima. Ayo Welber semoga abis pildun U-17 jadi anak didik coach shin," tulis de_milenial saat mengomentari salah satu postingan Welber Jardim di Instagram.

"Betul banget semoga aja welber masuk timnas piala asia u-23 di bawah asuhan pelatih sty," tulis Iswan_abirawa.

 

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pujian Bima Sakti untuk Welber Jardim

Welber Jardim sendiri tak begitu sering mengikuti latihan dengan Timnas U-17. Namun kini dia sudah gabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 di Jerman.

"Memang kualitas Welber di atas rata-rata pemain lainnya, dan kemungkinan besar Welber akan kita bawa untuk TC di luar nanti," kata Bima Sakti sebelum berangkat ke Jerman seperti dikutip antara.

Sedangkan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir berharap dengan bergabungnya Welber Jardim bisa membuat persiapan Timnas Indonesia U-17 menghadapi Piala Dunia U-17 2023 semakin maksimal.

Piala Dunia U-17 2023 digelar di Indonesia mulai 10 November sampai 2 Desember mendatang. Ajang itu digelar di 4 kota besar, di antaranya di Jakarta (Jakarta International Stadium), Bandung (Stadion Si Jalak Harupat), Solo (Manahan) dan Surabaya (Gelora Bung Tomo).

Timnas Indonesia U-17 masuk ke Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama. Laga Grup A dimainkan di Gelora Bung Tomo, Surabaya.

"Ya paling tidak kita punya tim yang ya sebelas utama (dan cadangan) harus sama baiknya gitu. Untuk supaya mengantisipasi pertandingan kelas tinggi dunia melawan Ecuador, Panama ataupun Maroko," katanya.

 

 

3 dari 5 halaman

Welber Jardim Harapan Fans Timnas Indonesia U-17

 

Timnas Indonesia U-17 punya banyak pemain berbakat. Namun Welber Jardim saat ini boleh dibilang memiliki jam terbang paling baik dibandingkan pemain junior lainnya.

Tak aneh prestasinya bersama Sao Paulo U-17 membuat fans Timnas U-17 berharap besar dengan pemain yang dijuluki Neymar dari Indonesia ini.

"Alasan masih stay ngikutin timnas U-17 cuma karena Welber," tulis Nyek_nyo_be.

"Welber main, Indonesia langsung menang," tulis tribungaruda.

 

4 dari 5 halaman

Timnas Indonesia U-17 Menang di Uji Coba

Timnas Indonesia U-17 kembali memetik kemenangan pada uji coba yang merupakan bagian dari rangkaian pemusatan latihan di Jerman. Seperti diketahui, pasukan Bima Sakti saat ini tengah mempersiapkan diri menghadapi Piala Dunia U-17 Indonesia pada 10 November - 2 Desember 2023.

Uji coba ketiga berlangsung Kamis (5/10/2023) pukul 18.30 waktu setempat atau 23.30 WIB. Berhadapan dengan tim lokal  VFL Osnabruerck U-19, Indonesia menang dengan skor 2-1.

 Timnas U-17 Indonesia sempat kesulitan meladeni permainan VFL Osnabruerck. Sepanjang 20 menit pertama tim lawan unggul dalam penguasaan bola dan Indonesia sulit untuk membongkar pertahanan lawan.

Namun, berkat kegigihan para pemain, akhirnya melalui Ji Da Bin, Indonesia membuka gol lebih awal di laga ini melalui sepakan cantiknya pada menit ke-42.

Memulai babak kedua Indonesia lebih percaya diri dalam membangun serangan. Bahkan beberapa kali Indonesia dapat melancarkan serangan, namun masih menemui jalan buntu.

Gol kedua yang dinanti, datang di menit ke-80. Muhammad Aulia Rahman mencetak gol seusai memanfaatkan kesalahan lawan. Di menit ke-90 lawan memperkecil skor, dengan mencetak gol, memanfaatkan umpan silang dari sisi kiri.

“Alhamdulillah saya bisa mencetak gol perdana untuk Indonesia. Untuk pertandingan hari ini, saya cukup puas”, ungkap penyerang Muhammad Aulia Rahman.

“Namun, kekompakan serta komunikasi kami harus lebih bisa ditingkatkan lagi,” tambahnya.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17

Jadwal Grup A

Peserta: Indonesia, Ekuador, Panama: Maroko

 

Jumat, 10 November 2023

16.00 WIB: Panama vs Maroko (Stadion Gelora Bung Tomo)

19.00 WIB: Indonesia vs Ekuador (Stadion Gelora Bung Tomo)

 

Senin, 13 November 2023

16.00 WIB: Maroko vs Ekuador (Stadion Gelora Bung Tomo)

19.00 WIB: Indonesia vs Panama (Stadion Gelora Bung Tomo)

 

Kamis, 16 November 2023

19.00 WIB: Maroko vs Indonesia (Stadion Gelora Bung Tomo)

19.00 WIB: Ekuador vs Panama (Stadion Manahan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.