Sukses

Rahasia Kejayaan Manchester City Bukan Erling Haaland atau Kevin De Bruyne

Manchester City sukses meraih treble musim lalu. Menurut legenda klub, ada sosok lain yang jadi kunci kejayaan selain Haaland.

Liputan6.com, Jakarta- Manchester City begitu mendominasi Liga Inggris dalam lima musim terakhir. Bahkan sejak tahun 2023 ini City juga bisa ikutan merajai kompetisi Eropa. Mereka sukses meraih treble winner di musim 2022/2023.

Musim lalu City untuk pertama kalinya bisa menjuarai Liga Champions usai mengalahkan Inter Milan 1-0 di partai final. Trofi Liga Champions melengkapi kesuksesan City yang sebelumnya sudah juara Liga Inggris dan Piala FA pada musim 2022/2023.

Keberhasilan City meraih treble musim lalu banyak dinilai berbagai pengamat dan pecinta bola karena kehadiran penyerang Erling Haaland. Pemuda Norwegia itu dianggap sebagai kepingan pelengkap dari puzzle The Citizens.

Anggapan tersebut tidaklah berlebihan. Haaland begitu perkasa pada musim pertamanya di Etihad Stadium. Eks pemain Borussia Dortmund itu sukses mencetak 52 gol dari 53 penampilan bersama City di berbagai ajang.

Haaland juga menjadi top skor di Liga Inggris dan Liga Champions musim lalu. Penghargaan Pemain Terbaik Liga Inggris musim 2022/2023 juga diraih mantan pemain Red Bull Salzburg tersebut.

Namun di mata legenda City Shaun Wright-Phillips, Haaland bukanlah kunci sukses kejayaan klub milik Sheikh Mansour tersebut. SWP menilai City bisa berjaya karena faktor pelatih Josep Guardiola. Selama melatih City, Guardiola mampu membuat tim yang tangguh tanpa bergantung pada seorang pemain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Legenda City Shaun Wright-Phillips

"Menurut saya tidak ada pemain kunci di tim Manchester City ini. Saya pikir Guardiola mampu membangun sebuah tim, bukan tim ini bergantung pada kemampuan individu dari pemain," kata SWP menjawab pertanyaan Liputan6.com saat berkunjung ke Jakarta dalam rangka Treble Trophy Tour Manchester City, Kamis (28/9/2023).

"Saat Haaland tidak bisa dimainkan, City masih memiliki Julian Alvarez. Begitu juga ketika De Bruyne absen, Alvarez bisa menggantikan perannya dengan baik. Selain itu, Manchester City juga punya Bernardo Silva dan Phil Foden," lanjut SWP.

3 dari 3 halaman

Manchester City Pamerkan Trofi Treble di Jakarta

Manchester City memberikan perhatian lebih kepada para penggemarnya di Indonesia. The Citizens membawa trofi treble yang diraih musim lalu ke Jakarta. Fans bisa berfoto dengan trofi tersebut.

Tiga trofi yang dibawa adalah Liga Champions, Premier League dan Piala FA. Yang spesial City juga turut membawa Piala Super Eropa yang paling anyar diraih The Citizens.

Trofi milik City ini akan dipamerkan hari Sabtu 30 September di Calathea Terrace (Lantai 8 Menara Imperium, Metropolitan Kuningan, Superblok Kav. No 1, Jalan Rasuna Said) antara pukul 10:00 dan 17:00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini