Sukses

Vira Pecahkan Rekor Lari 1.000 Meter di SAC Indonesia 2023

Pada babak final yang diselenggarakan Minggu, 24 September 2023, Vira finis pertama dan melakukan pecah rekor lari 1.000 meter putri.

Liputan6.com, Jakarta- Kualifikasi Jawa Barat SAC Indonesia 2023 telah selesai digelar pada Minggu 24 September 2023. Yang luar biasa terjadi pemecahkan rekor di nomor lari 1.000 meter. Adalah Vira Chazinatuss'AB yang menjadi buah bibir dengan memecahkan rekor.

Siswa SMAN 7 Cirebon tersebut kembali naik podium juara di nomor lari 1.000 meter putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Pada babak final yang diselenggarakan Minggu, 24 September 2023, Vira finis pertama dan melakukan pecah rekor lari 1.000 meter putri. 

Vira mencatatkan waktu 3 menit 23,72 detik. Waktu ini lebih tajam dari milik pemegang rekor sebelumnya, Aziyyati Dina Amalina dari SMAN 1 Pabelan, Central Java Qualifiers. Dalam babak final National Championship, Aziyyati mencatatkan perolehan 3 menit 24,49 detik. Tentunya ini menjadi sejarah baru bagi Jawa Barat di kompetisi atletik pelajar terbesar, SAC Indonesia.

Meskipun telah pecah rekor dan meraih juara, Vira mengaku bahwa persaingan tahun ini lebih ketat daripada perlombaan West Java Qualifiers sebelumnya. Pasalnya, tahun ini banyak peserta baru yang memiliki target besar. "Tahun kemarin tuh, 3 menit 43 detik sudah bisa berangkat. Nah tahun ini lebih tajam," kata Vira. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers sendiri berlangsung selama tiga hari di Stadion Arcamanik Bandung dari 22 sampai 24 September 2023. Total ada 5.611 atlet pelajar dari SD, SMP, hingga SMA/sederajat mewakili 417 sekolah se-Jawa Barat ikut serta di ajang ini.

Para atlet pelajar ini bersaing untuk memperebutkan gelar juara di lima main event atletik. Mulai dari sprint, middle distance, relays, shot put, long jump dan Kids' Athletics. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

48 Atlet Terpilih ke Tahap Nasional

Dari ribuan pelajar yang telah berkompetisi tersebut, hanya terpilih 48 pelajar terbaik tingkat SMA/sederajat dari Jawa Barat yang mendapat tiket bersaing pada babak National Championship. Babak nasional rencananya diselenggarakan di Solo, pada Januari 2024. Mereka akan bersaing memperebutkan gelar nasional dengan para champion dari wilayah lainnya, yakni Sumatera Qualifiers, DKI Jakarta & Banten Qualifiers, Bali & Nusa Tenggara Qualifiers, East Java Qualifiers, serta Central Java Qualifiers.

Sekretaris Umum (Sekum) Pengprov PASI Jawa Barat Lius Risnuwanto begitu senang dengan tuntasnya penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Saat meresmikan para juara tingkat SMA, Lius berharap kontingen Jawa Barat dapat melanjutkan prestasi mereka di babak National Championship. 

"Ini luar biasa dan di luar ekspektasi. Alhamdulillah tentunya ini merupakan hasil binaan guru, pelatih dan keseriusan sekolah dalam mengikutsertakan anak didiknya. Apalagi, hari ini ada pecah rekor. Mudah-mudahan akan menjadi Yogi, yogi berikutnya (juara National Championship)," kata Lius. 

3 dari 3 halaman

Yang Terbaik Dapat Latihan di Luar Negeri

Mendengar ada pecah rekor tersebut, Lius tentunya memiliki rencana bagi anak-anak potensial. Khususnya yang berasal dari daerah Jawa Barat. "Kita memang mapping anak-anak yang potensial, tentunya kita akan bina, talent scouting dan pastinya jika ada kesempatan akan kita ikutsertakan di beberapa event," lanjut Lius.

Juara dari babak regional qualifiers SAC indonesia 2023 dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.