Sukses

KONI Tantang Ice Skating Tembus Olimpiade Musim Dingin

Indonesia belum pernah mampu berlaga di Olimpiade Musim Dingin. Ice Skating diharapkan bisa menjadi yang pertama.

Liputan6.com, Jakarta- Pengurus Pusat Federasi Ice Skating Indonesia (PP.FISI) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) Tahun 2023 pada Sabtu 23 September 2023, di Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading Jakarta. Pada Munas FISI pertama itu, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman memberikan apresiasi sekaligus tantangan kepada Suzan Herawati dan jajarannya.

“FISI menjadi anggota KONI Pusat yang tergolong baru, namun di bawah kepemimpinan Ibu Suzan selaku Ketum PP.FISI beserta jajarannya, Ice Skating berhasil menorehkan tinta emas untuk Indonesia.,” kata Ketum KONI Pusat sebelum memukul gong tanda Munas dimulai. FISI baru menjadi anggota KONI Pusat pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Tahun 2020.

“Saya selaku Ketua Umum KONI Pusat menyampaikan apresiasi kepada Ibu Suzan dan jajarannya, atas prestasi atlet-atlet Ice Skating Indonesia. Itu tidak dapat dicapai tanpa ada organisasi yang tata kelolanya baik.” sambungnya.

Dengan kinerja yang baik, dan peningkatan pada kepengurusan berikutnya, Marciano yakin FISI dapat mengantar atlet meraih prestasi dunia. “Mari kita gemparkan dunia bahwa Indonesia bisa menjadi juara pada Olimpiade Musim Dingin. Kunci berprestasi itu, kita harus bersatu, dengan demikian, siapapun yang terpilih kita berikan dukungan,” tegas Ketum KONI Pusat.

“Saya berharap FISI, organisasinya kecil dengan prestasi dunia. Organisasi olahraga itu harus bersedia untuk menjadi pelayan bukan menjadi tuan-tuan yang ingin dihormati oleh para atlet-atletnya, tapi kita mengorbankan segalanya untuk atlet kita,” ujar Marciano memberikan pesan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Evaluasi Ice Skating Indonesia

Keyakinan itu juga senada dengan pandangan Wasekjen Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Desra Firza Ghazfan. “Bukan tidak mungkin Ice Skating menjadi cabang olahraga pertama yang meloloskan atlet Indonesia pada Olimpiade Musim Dingin,” ujarnya membacakan sambutan Ketum KOI sembari mengapresiasi perkembangan pembinaan olahraga Ice Skating.

Dalam melakukan pembinaan atlet sekaligus sosialisasi Ice Skating, FISI perlu berkerja sama dengan pusat perbelanjaan dan sebagainya yang memiliki venue Ice Skating. Hal tersebut perlu evaluasi untuk terus ditingkatkan pada masa kepengurusan berikutnya. Bagi Ketum Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Hayono Isman, Munas dijadikan ajang evaluasi masa bakti yang sudah selesai agar lebih baik ke depan.

Tak kalah penting, disinggung juga keikutsertaan Ice Skating pada ekshibisi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024. “Tahun depan rencananya, FISI akan melakukan ekshibisi pada PON XXI, tepatnya di Medan. Ini merupakan capaian yang sangat berarti untuk FISI, melihat perjuangan kita untuk bisa ikut PON dari tahun-tahun sebelumnya sangat amat terbayar dengan ini, ” sebut Suzan Herawati.

3 dari 3 halaman

Kesiapan Atlet Ice Skating

Hal tersebut disambut baik oleh atlet kebanggaan FISI, Dwiki Eka Ramadhan & Tasya Putri Setiabudiawan. “Kita senang sekali, soalnya tahu kepengurusan FISI ini sudah memperjuangkan untuk ikut PON dari tahun-tahun sebelumnya, akhirnya bisa ikut serta dalam PON, berarti ini suatu kemajuan Ice Skating di Indonesia,” kata Tasya.

Mereka berharap pengurus FISI yang akan datang lebih baik mengantar atlet meraih prestasi. “Semoga dari FISI sendiri, bisa bikin atlet-atletnya lebih semangat lagi untuk berlatih sehingga bisa mencetak prestasi yang lebih lagi,” sebut Tasya.

Diharapkan juga FISI dapat kembali menjadi tuan rumah kompetisi internasional, begitu pendapat Dwiki yang merupakan peraih MURI, ‘Atlet Figure Skating Pria Pertama sebagai Wakil Indonesia pada Kejuaraan Dunia’.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.