Sukses

Debut di Bulu Tangkis Asian Games 2023, Chico Aura Ungkap Lawan Terberat Indonesia

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo menyebut China kemungkinan bakal menjadi lawan terberat Indonesia di cabang olahraga bulu tangkis Asian Games 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo mengungkap negara yang kemungkinan menjadi lawan terberat Indonesia di cabang olahraga bulu tangkis Asian Games 2023. 

Menurutnya, China selaku tuan rumah berpotensi menjadi batu sandungan bagi Merah Putih dalam mewujudkan misi meraih prestasi di ajang multievent level Asia edisi ini. 

Seperti diketahui, kontingen Indonesia memang kembali menempatkan bulu tangkis sebagai salah satu cabor andalan untuk menyumbangkan medali emas di Asian Games 2023 Hangzhou

Sejumlah nama populer pun dikirim guna memperkuat pasukan badminton, termasuk peraih medali emas 2018 Jonatan Christie, pasangan nomor 1 dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, hingga Chico Aura Dwi Wardoyo yang menjadi debutan. 

Sayangnya meski diwakilkan oleh penggawa terbaik, kans Indonesia mengoleksi bisa saja diganggu China. Selain karena statusnya sebagai tuan rumah, negeri tirai bambu juga punya jajaran pemain kuat serta trek rekor gemilang di ajang internasional. 

Statistik mencatat China bahkan berhasil menyabet predikat juara umum bulu tangkis Asian Games 2018. Mereka kala itu mampu mengoleksi 3 emas, 1 perak, dan 2 perunggu, mengatasi Indonesia yang cuma bisa mengumpulkan emas 2 emas, 2 perak, dan 4 perunggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Chico Waspadai Kekuatan China

Dominasi China di kancah bulu tangkis Asia pun diakui sendiri oleh Chico Aura Dwi Wardoyo yang baru akan mencatatkan debutnya dalam Asian Games edisi ini. 

Ia menilai tim tuan rumah berpotensi besar menjadi lawan terberat Indonesia dalam perburuan medali emas, meski PBSI sejatinya belum menasang target di ajang olahraga multi-event se-Asia. 

"(Saingan terberat) ya tuan rumah," ujar Chico saat ditemui awak media selepas acara pengukuhan kontingen Indonesia untuk Asian Games 2023 di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (19/9/2023).

"Buat targetnya (medali) sih belum ada omongan. Pastinya kita akan kasih yang terbaik buat indonesia," tambah pebulu tangkis berusia 25 tahun itu.

3 dari 3 halaman

Jadwal Bulu Tangkis di Asian Games 2023

Jadwal Beregu Putra dan Putri

28 September 2023: Babak Penyisihan

29 September 2023: Babak Perempat Final

30 September 2023: Babak Semifinal

1 Oktober 2023: Babak Final

 

Jadwal Individu

2 Oktober 2023

- Babak Pertama Tunggal Putra

- Babak Pertama Tunggal Putri

- Babak Pertama Ganda Putra

- Babak Kedua Ganda Putra

- Babak Pertama Ganda Campuran

- Babak Kedua Ganda Campuran

 

3 Oktober 2023

- Babak Pertama Ganda Putri

- Babak Kedua Tunggal Putra

- Babak Kedua Tunggal Putri

 

4 Oktober 2023

- Babak 16 Besar Ganda Putra

- Babak 16 Besar Ganda Putri

- Babak 16 Ganda Campuran

- Babak 16 Besar Tunggal Putra

- Babak 16 Besar Tunggal Putri

 

5 Oktober 2023: Babak Perempat Final

6 Oktober 2023: Babak Semifinal

7 Oktober 2023: Babak Final

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.