Sukses

Menebak Calon Lawan Timnas Indonesia di Drawing Piala Dunia U-17 2023: 3 Raksasa Dunia Mengintai di Pot 2

Sorotan tertuju ke markas FIFA ketika drawing Piala Dunia U-17 2023 berlangsung, Jumat (15/9/2023) pukul 21.00 WIB. Rangkaian acara bisa disaksikan melalui Indosiar atau streaming Vidio.

Liputan6.com, Jakarta - Sorotan tertuju ke markas FIFA ketika drawing Piala Dunia U-17 2023 berlangsung, Jumat (15/9/2023) pukul 21.00 WIB. Rangkaian acara bisa disaksikan melalui Indosiar atau streaming Vidio.

Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah ajang yang berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember mendatang ini. Tanah Air menggantikan Peru yang dicabut haknya karena tidak siap infrastruktur.

Dengan begitu, Indonesia bisa mengirim tim nasional untuk mengikuti Piala Dunia U-17 2023. Sebagai penyelenggara, pasukan Bima Sakti juga otomatis masuk Pot 1 yang berisi para unggulan dan ditempatkan jadi anggota Grup A1.

Pecinta sepak bola nasional kini menanti siapa lawan Muhammad Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan. Berdasar peraturan, Indonesia tidak bakal dipasangkan bersama sesama penghuni Pot 1 di fase awal.

Termasuk di dalamnya juara bertahan Brasil serta duo raksasa Eropa, Prancis dan Spanyol. Situasi ini jelas menguntungkan karena memperbesar peluang timnas U-17 lolos ke babak gugur.

Peraturan undian Piala Dunia U-17 lainnya adalah dilarangnya dua anggota federasi sama di satu grup. Artinya, Indonesia tidak akan bertemu Korea Selatan (Pot 2), Iran (Pot 3), dan Uzbekistan (Pot 3).

Terlepas itu, timnas tidak boleh sepenuhnya gembira. Sebab, deretan nama-nama besar hadir di Pot 2. Indonesia harus bersiap satu grup dengan Jerman, Inggris, atau Argentina.

Duo Afrika, Senegal dan Maroko, juga mengancam di Pot 3. Sementara di Pot 4 ada Venezuela dan Polandia yang dipastikan merepotkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembagian Pot dan Link Live Streaming Drawing Piala Dunia U-17 2023

Pot 1: Indonesia, Brasil, Meksiko, Prancis, Spanyol, Jepang

Pot 2: Jerman, Mali, Inggris, Korea Selatan, Argentina, Ekuador

Pot 3: Selandia Baru, Iran, Senegal, AS, Uzbekistan, Maroko

Pot 4: Kanada, Kaledonia Baru, Panama, Venezuela, Polandia, Burkina Faso

 

Jumat, 15 September 2023

21.00 WIB: Drawing Piala Dunia U-17 2023 

Link live streaming Drawing Piala Dunia U17 dapat disaksikan melalui tautan berikut ini

3 dari 3 halaman

Erick Thohir Sambut Drawing Piala Dunia U-17 2023

Ketua Umum PSSI Erick Thohir angkat bicara menanggapi drawing Piala Dunia U-17 2023. Dia meminta timnas tidak perlu takut menghadapi lawan.

"Yang pasti ada tantangan ketika Indonesia masuk di Pot 1 sebagai tim unggulan. Tapi mau bilang apa, itu previlege sebagai tuan rumah. Oleh sebab itu, jauh hari kami di PSSI sudah menyiapkan agar Timnas Garuda Muda ini benar-benar layak berada di posisi unggulan. Program pelatnas selama sebulan lebih di Jerman menjadi bagian penting, selain dukungan dengan keberadaan Frank Wormuth dan sepakbola Jerman, serta klub Dortmund yang siap mematangkan tim," ujar Erick Thohir.

Pengundian akan dilakukan oleh Direktur Turnamen FIFA Jaime Yarza, didampingi mantan pemenang Piala Dunia FIFA U‑17 1995, Stephen Appiah dan Julio Cesar, yang tampil di final edisi 1995, bertindak sebagai asisten.

Acara akan digelar di markas besar FIFA tanpa menghadirkan perwakilan peserta dan pihak tuan rumah penyelenggara turnamen. Mekanisme drawing pun berbeda dengan perhelatan Piala Dunia U-20 2023 yang batal terselenggara di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.