Sukses

Keharmonisan Terjaga Bikin Timnas Indonesia Kini Jauh Lebih Berprestasi

Timnas Indonesia U-23 baru saja memastikan tiket berlaga di putaran final Piala Asia U-23 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia terus mengukir prestasi membanggakan di tahun 2023 ini. Yang terbaru timnas Indonesia U-23 berhasil meraih tiket lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024. ini merupakan sejarah baru karena sebelumnya timnas selalu gagal dalam lima kali kualifikasi Piala Asia U-23.

Kepastian timnas Indonesia U-23 lolos ke putaran Piala Asia U-23 2024 didapat setelah pada Selasa 12 September 2023 menang 2-0 atas Turkmenistan. Indonesia pun menjadi juara Grup K karena sebelumnya juga menang 9-0 kala bertemu Chinese Taipei.

Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali memuji kesuksesan timnas Indonesia U-23 ini. Menurut Akmal, sejumlah prestasi yang terus terjadi pada timnas di berbagai level usia tak lepas dari terbangunnya suasana tim yang harmonis dan kondusif. Akmal menilai Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir berhasil membangun suasana yang harmonis dan kondusif, baik di internal timnas maupun eksternal.

"Saat ini suasana yang sedang dibangun Pak Erick bagus. Kondisi PSSI saat ini kondusif karena hubungannya cukup bagus antara pemerintah dan PSSI, tidak ada lagi jarak seperti dulu, yang mana PSSI terlalu alergi dengan pemerintah," ujar Akmal kepada wartawan pada Selasa (12/9/2023).

Akmal mengatakan Erick memiliki kemampuan manajemen yang baik dalam menciptakan iklim sepak bola yang jauh lebih baik. Akmal menilai dukungan penuh Erick membuat para pemain timnas fokus mengeluarkan penampilan terbaiknya.

"Kenapa bisa berprestasi sekarang, semua sangat tergantung pada harmonisasi, kondusivitas, dan yang paling penting kesejahteraan pelatih dan tim juga dijaga sehingga membuat pemain konsentrasi penuh karena tidak lagi berpikir masalah nonteknis seperti uang dan lain-lain, karena semua sudah terjamin," ucap Akmal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kombinasi Kesuksesan Timnas Indonesia

Akmal berharap fondasi dan sistem yang dibangun Erick dapat terus berkelanjutan. Sehingga, siapa pun pengurus PSSI dapat meneruskan sistem dan fondasi yang telah ada.

"PSSI yang sehat, maka timnas Indonesia juga akan sehat dan kuat. Itu menjadi harapan kita semua," kata Akmal.

 

3 dari 3 halaman

Pujian dari Joko Widodo

Perjuangan Indonesia mengalahkan Turkmenistan di Stadion Manahan Solo turut disaksikan langsung Presiden Joko Widodo.

“Ini sejarah karena sejak 2012 sampai sekarang, kita belum pernah menang dengan Turkmenistan. Saya kira ini hadiah ulang tahun Pak Erick,” kata Presiden Jokowi di depan pintu masuk VIP sebelum meninggalkan Stadion Manahan, Solo pada Selasa malam (12/9/2023).

Menurut mantan Wali Kota Solo itu dengan keberhasilan lolos Piala Asia U-23 2024 masih memiliki waktu yang cukup panjang untuk melakukan persiapan.

Pasalnya kejuaran sepakbola tingkar Asia itu baru akan digelar di Qatar pada April 2024 mendatang.

“Ini kan masih agak panjang di bulan April sehingga persiapannya lebih panjang. Dan kita ke sana dengan kondisi yang jauh lebih siap,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.