Sukses

Gareth Southgate Cabut usai Euro 2024, Timnas Inggris Bakal Dilatih Pep Guardiola?

Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate tak bakal lagi menukangi The Three Lions untuk waktu yang lama. Laporan mengungkap juru taktik berusia 53 tahun itu bakal cabut dari jabatannya usai mengantar Timnas Inggris tampil di Euro 2024.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate tak bakal lagi menukangi The Three Lions untuk waktu yang lama.

Laporan mengungkap juru taktik berusia 53 tahun itu bakal cabut dari jabatannya saat ini usai mengantar Timnas Inggris tampil di ajang Euro 2024 mendatang.

Dilansir dari SportBible, Football Association (FA) selaku federasi sepak bola Inggris kabarnya sudah menyiapkan daftar nama-nama sosok potensial untuk menggantikan posisi Southgate di Timnas Inggris.

Menariknya, nama manajer Manchester City Pep Guardiola digadang-gadang masuk dalam list tersebut.

Tak dapat dimungkiri, Guardiola memang memiliki trek rekor yang mentereng selama menjadi pelatih. Setelah sukses menorehkan prestasi gemilang selama berkarier di Spanyol dengan Barcelona, manajer berusia 52 tahun itu kembali menunjukkan tajinya bersama Manchester City.

Ia menyulap klub yang bermarkas di Etihad sebagai salah satu tim paling diperhitungkan di Inggris serta Eropa, usai mengantar anak-anak asuhnya menyabet treble winners musim 2022/2023.

Pencapaian tersebut pun tak ayal membuat FA cukup mengidamkan peluang untuk bekerja sama dengannya. Apalagi kontrak Guardiola di The Citizens memang bakal habis dalam waktu dekat, yakni pada 2025 mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pep Guardiola Tertarik Latih Tim Nasional

Jika merujuk pada pernyataan Guardiola di masa lampau, bukan hal mustahil bagi FA untuk menyewa jasa sang pelatih bagi Timnas Inggris.

Pasalnya, juru taktik kelahiran 1971 sendiri pernah mengakui bahwa dirinya memang ingin menukangi tim nasional selepas berpisah dengan Manchester City.

"Langkah selanjutnya adalah (melatih) tim nasional, jika ada kesempatan," ungkap Pep Guardiola pada 2021 lalu, seperti dilansir SportBible dari TNT Sports.

“Saya perlu berhenti dan melihat, belajar dari pelatih lain dan mungkin mengambil jalan itu. Saya ingin melatih di Kejuaraan Eropa, Copa America, hingga Piala Dunia," tambah manajer berkepala plontos.

3 dari 3 halaman

FA Inggris Siapkan Alternatif

Kalau pun gagal mendapatkan Guardiola, FA Inggris kabarnya sudah menyiapkan nama-nama alternatif yang dipandang berpotensi menggantikan Gareth Southgate.

SportBible mengungkap terdapat setidaknya 5 sosok pelatih yang disiapkan untuk menjadi juru taktik anyar Timnas Inggris, termasuk Pep Guardiola.

Adapun keempat nama lainnya ialah juru taktik Newcastle United Eddie Howe, mantan manajer Chalesea Graham Potter, pelatih Paris Saint-Germain (PSG) Mauricio Pochettino, serta Brendan Rodgers yang pernah menukangi Leicester City.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.