Sukses

BRI Liga 1: Gol David da Silva Bawa Persib Dekati Gol ke-1.000, Butuh Berapa Gol Lagi?

David da Silva membawa Persib dekati gol ke-1.000 klub di liga profesional Indonesia lewat satu golnya ke gawang Persija di pekan ke-11 BRI Liga 1. Gol pertama Maung Bandung di Liga Indonesia dicetak oleh Sutiono Lamso.

Liputan6.com, Jakarta Persib Bandung berhasil mengamankan satu poin saat imbang 1-1 di markas Persija Jakarta, Stadion Patriot Candrabaga pada pekan ke-11 BRI Liga 1, Sabtu (2/9/2023). Persib amankan poin berkat gol balasan David da Silva yang dicetak di menit ke-85.

Sebelumnya, Marko Simic membuat Persija unggul terlebih dahulu. Namun Macan Kemayoran gagal menambah gol lagi di duel berjulukan El Clasico itu.

Bagi DDS,inisial David da Silva, ini merupakan gol ketiganya musim ini, atau ke-34 sejak ia membela Persib pada putaran kedua Liga 1 2021/2022. Sedangkan bagi Persib, ini adalah gol ke-996 di era Liga Indonesia sejak dimulai 1994 lalu.

Gol pertama Persib, seperti dilansir situs klub, di era Liga Indonesia dicetak Sutiono Lamso ke gawang Persijatim Jakarta Timur di Stadion Bea Cukai, 30 November 1994. Gol monumental itu diikuti oleh Robby Darwis (100), Asep Dayat (200), Ekene Michael Ikenwa (300), Rafael Alves Bastos (400), Cristian Gonzales (500), Mbida Messi (600), Abdul Rahman Sulaeman (700), Patrich Steve Wanggai (800) hingga Wander Luiz (900).

Gol tersebut tercipta berkat kerja sama apik Ezra Walian, Matc Klok, dan DDS yang baru masuk pada menit 79 menggantikan Victor Igbonefo. Gol berawal dari atraksi Ezra yang mengumpan bola dengan tumitnya kepada Klok.

Kapten Persib itu kemudian menggiring bola dengan cepat ke sektor kanan pertahanan Persija.Dari posisi tersebut, Klok mengirimkan umpan mendatar ke kotak penalti yang langsung disambar DDS yang berada dalam pengawalan Rizky Ridho dan sergapan kiper Andritany Ardhiyasa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Persib Bandung Bisa Tuntaskan Gol ke-1.000 Musim Ini

 

Persib Bandung dengan demikian hanya membutuhkan 4 gol untuk menggenapkan gol ke 1.000 mereka di liga profesional. Target itu sangat mungkin dipenuhi apalagi Persib kini sudah menemukan kembali ketajaman.

David da Silva yang sudah kembali pulih bakal menambah ketajaman Persib musim ini. Saat ini, Ciro Alves memimpin torehan gol Persib dengan 5 gol.

Ini disusul oleh Marc Klok dengan 4 gol dan disusul David da Silva 3 gol. Torehan musim ini jauh dari prestasi David da Silva musim lalu. Musim lalu, dia mencetak 24 gol sepanjang musim.

Pantas ditunggu apakah DDS bisa mengejar torehan gol sebanyak itu musim ini. Dia harus melakukan itu di 23 pertandingan tersisa musim ini atau setidaknya satu gol per laga.

 

3 dari 5 halaman

Persib Hanya Libur Dua Hari

 

Usai pertandingan melawan Persija, Persib hanya memberi libur dua hari kepada pemain. Meski kompetisi libur, tapi pelatih Persib Bojan Hodak tetap menggelar persiapan tim.

Persib punya cukup waktu untuk melakukan persiapan menuju laga selanjutnya melawan Persikabo 1973 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), 16 September 2023 mendatang.

Hodak mengatakan, ia akan memperbaiki kinerja anak asuhnya. Pelatih asal Kroasia itu mengaku masih banyak hal yang perlu diperbaiki dari performa timnya.

"Jadi ini ada waktu dua pekan untuk berlatih bersama tim dan mengubah hal-hal yang saya tidak sukai. Saya rasa kami masih harus berbenah,” kata Bojan.

 

4 dari 5 halaman

Persib Lepas Enam Pemain

 

Selama jeda internasional, Persib melepas enam pemainnya untuk bergabung bersama tim nasional. Mereka adalah Rachmat Irianto, Ryan Kurnia, Marc Klok, dan Edo Febriansah (Timnas Indonesia), Beckham Putra Nugraha (Timnas U-23) dan Daisuke Sato (Timnas Filipina).

Meskipun tanpa kehadiran enam pemain selama FIFA Matchday, Bojan mengaku tidak masalah dan tetap akan bisa melakukan perbaikan bersama pemain lainnya.

“Untuk jeda internasional, kami memang kehilangan enam pemain. Tapi saya memiliki waktu untuk sedikit bekerja membenahi tim. Karena pada dasarnya kita tidak berhenti bertanding sejak pertama datang ke sini. Kami tidak ada waktu jeda,” ucapnya.

5 dari 5 halaman

Peringkat Persib di BRI Liga 1

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.